Hubungan pengelolaan madrasah program Inklusif dengan manajemen kelas bagi anak berkebutuhan khusus : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah program Inklusif se-Bandung raya

Saputra, Muhammad Hadiman Dedi (2022) Hubungan pengelolaan madrasah program Inklusif dengan manajemen kelas bagi anak berkebutuhan khusus : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah program Inklusif se-Bandung raya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan Islam khususnya Madrasah Ibtidaiyah yang menyelenggarakan program Inklusif di Bandung Raya terhitung sangatlah minim, hal ini menjadi sebuah problem dari pengelola lembaga pendidikan Islam terkhusus di daerah Bandung Raya untuk menginisiasi agar menyelenggarakan lebih banyak madrasah program inklusif, karena banyak sekali Anak Berkebutuhan Khusus yang ingin di sekolahkan di lembaga pendidikan Islam seperti halnya madrasah yang menyelenggarakan program Inklusif. Memang lembaga pendidikan umum sudah menyelenggarakan Sekolah Luar Biasa, hanya saja dari segi pembelajarannya hanya mata pelajaran umum, tidak ada pembelajaran keagamaan yang lebih komprehensif seperti halnya yang ada pada Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Pengelolaan Madrasah Program Inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Program Inklusif Se-Bandung Raya; (2) Untuk Mengetahui Manajemen Kelas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Program Inklusif Se-Bandung Raya (3) Untuk Mengetahui Bagaimana Hubungan Pengelolaan Madrasah Program Inklusif dengan Manajemen Kelas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Program Inklusif Se-Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasill penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 55 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji hipotesis (uji korelasi rank spearman), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan Madrasah Program Inklusif Se-Bandung Raya, termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu sebesar 4,4 dari hasil pengolahan data 55 responden; (2) Manajemen Kelas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Program Inklusif Se-Bandung Raya, termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu sebesar 4,3 dari hasil pengolahan data 55 responden; (3) Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi rank spearman bahwa signifikansi Pengelolaan Madrasah Program Inklusif dengan Manajemen Kelas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Program Inklusif Se-Bandung Raya diperoleh 0,000. Dan hasil perhitungan korelasi antara X dan Y, diperoleh angka positif sebesar 0,608. Kemudian berdasarkan nilai r hitung yaitu 0,608 yang diperoleh maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel X dan Y berada pada interval 0,36 - 0,45 yang berarti mempunyai hubungan yang cukup. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,309 yang berarti bahwa kontribusi variabel Pengelolaan Madrasah Program Inklusif dengan Manajemen Kelas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus sebesar 30,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Madrasah; Program Inklusif; Manajemen Kelas; Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Hadiman Dedi Saputra
Date Deposited: 06 Jan 2023 05:15
Last Modified: 06 Jan 2023 05:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63198

Actions (login required)

View Item View Item