Implementasi program Kelompok Sadar Wisata Pesona Tanjung Layar dalam pengembangan objek wisata Pantai Tanjung Layar: Studi deskriptif di Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pesona Tanjung Layar di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak

Salsabilla, Lifia (2022) Implementasi program Kelompok Sadar Wisata Pesona Tanjung Layar dalam pengembangan objek wisata Pantai Tanjung Layar: Studi deskriptif di Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pesona Tanjung Layar di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata memiliki peran yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan perekonomian nasional. Saat ini keberadaan Pantai Tanjung Layar menjadi peluang usaha bagi penduduk sekitar di sektor objek wisata, maka dari itu membutuhkan sistem pengelolaan dan pengembangan yang tepat. Masyarakat Desa Sawarna membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bernama Pokdarwis Pesona Tanjung Layar yang bertujuan untuk pengelolaan dan pengembangan objek wisata menjadi lebih baik, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan pendapatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program Pokdarwis Pesona Tanjung Layar Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Tanjung Layar (2) Impelentasi Program Pokdarwis Pesona Tanjung Layar Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Tanjung Layar (3) Hasil dari Program Pokdarwis Pesona Tanjung Layar Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Tanjung Layar. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pengembangan pariwisata yang dikemukakan oleh Oka A.Yoeti (1996) yaitu suatu usaha untuk mengembangkan atau memajukan objek wisata agar lebih baik dan menarik akan adanya potensi yang telah dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelian menunjukan bahwa Pokdarwis Pesona Tanjung Layar berperan penting dan berhasil dalam melaksanakan pengembangan objek wisata di Pantai Tanjung Layar, melalui beberapa fokus utama yang dilakukan dalam program pengembangan objek wisata yaitu mempersiapkan SDM berkualitas, merawat & memperbaiki fasilitas wisata, optimalisasi kualitas objek wisata, dan pemasaran. Implementasi dari program terdiri dari beberapa strategi untuk pengembangan objek wisata yaitu meliputi strategi jangka pendek, menengah, dan panjang. Hasil dari program Pokdarwis Pesona Tanjung Layar dalam pengembangan objek wisata Pantai Tanjung Layar yaitu masyarakat sadar akan potensi wisata yang menjadi tumpuan ekonomi mereka dengan mengembangkannya, peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, legalitas kegiatan pariwisata, dan jumlah pengunjung terus bertambah sehingga membuat pendapatan masyarakat & pemerintah daerah meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan Pariwisata; Objek Wisata; Pantai Tanjung Layar
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers
Operations, Archieves, Information Centers > Acquisitions and Collection Developtment
General Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lifia Salsabilla
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:09
Last Modified: 06 Jan 2023 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63195

Actions (login required)

View Item View Item