Prinsip etis jurnalisme lingkungan pada berita lingkungan: Analisis isi terhadap Rubrik Hutan pada media Mongabay.co.id edisi Juli 2022

Ardiansyah, Fikri (2022) Prinsip etis jurnalisme lingkungan pada berita lingkungan: Analisis isi terhadap Rubrik Hutan pada media Mongabay.co.id edisi Juli 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Persoalan lingkungan merupakan hal yang melibatkan banyak pihak. Isu lingkungan merupakan persoalan yang penting karena akan mempengaruhi kualitas kehidupan manusia secara langsung. Persoalan ini memerlukan penanganan dan penyelesaian yang baik, maka dari itu diperlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya media lingkungan. Peran media lingkungan sangat dibutuhkan untuk memberikan nilai edukasi kepada masyarakat untuk memacu rasa kepedulian masyarakat tentang lingkungan hidup. Pokok penelitian ini adalah menganalisis isi berita pada rubrik hutan media Mongabay.co.id berkaitan dengan penerapan prinsip etis jurnalisme lingkungan, yaitu disiplin verfikasi, otoritas dan kredibilitas sumber, tidak menyembunyikan identitas diri, tidak memprovokasi konflik. Metode yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan Paradigma kritis. Paradigma ini mempunyai pandangan mengenai bagaimana media dan berita harus dipahami dalam keseluruhan proses produksi dan struktur sosial. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan satuan analisis dalam penelitian ini, adalah berita pada rubrik hutan dalam rentang waktu satu bulan, yakni pada bulan Juli 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berita lingkungan pada media Mongabay.co.id telah menerapkan prinsip etis jurnalisme lingkungan yaitu disiplin verfikasi dengan melakukan uji informasi dan konfirmasi, otoritas dan kredibilitas sumber dengan memilikri kriteria tidak memiliki kepentingan dan terdapat pernyataan dari pakar lingkungan, tidak menyembunyikan identitas diri dengan menunjukan identitas diri dan tidak melakukan penyamaran, tidak memprovokasi konflik dengan menjelaskan konflik dengan jelas dan bersikap netral. Melalui tulisan yang tersaji sesuai dengan prinsip jurnalisme lingkungan, akhirnya menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menarik perhatian khalayak. Implikasi dari penelitian ini untuk menyeimbangkan antara kepentingan publik dan pemenuhan etika-etika jurnalistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Lingkungan;Rubrik Hutan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fikri Ardiansyah Dian
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:03
Last Modified: 06 Jan 2023 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63186

Actions (login required)

View Item View Item