Keefektifan ekstrak daun kipahit (Tithonia diversifolia) dalam mengendalikan ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kailan (Brassica oleraceae var. Winsa TF CKL 09)

Nisa, Salma Rahmatun (2022) Keefektifan ekstrak daun kipahit (Tithonia diversifolia) dalam mengendalikan ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kailan (Brassica oleraceae var. Winsa TF CKL 09). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman kailan merupakan tanaman jenis sayuran daun yang termasuk kedalam famili Brassicaceae yang berasal dari negeri China. Kailan kurang diketahui oleh masyarakat, namun dalam sebagian kelompok masyarakat kailan menjadi sayuran yang diminati. Produktivitas tanaman kailan dapat terganggu akibat serangan hama ulat grayak (Spodoptera litura) sehingga dapat menurunkan pertumbuhan dan hasil tanaman kailan. Dalam pengendaliannya petani masih menggunakan pestisida kimia sintesis yang dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, maka diperlukan alternatif pengendalian yang ramah lingkungan salah satunya ekstrak daun kipahit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan ekstrak daun kipahit dalam mengendalikan hama S.litura pada tanaman kailan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli hingga September bertempat di Laboratorium Solahudin Sanusi untuk in vitro. Untuk uji lapangan in vivo dilaksanakan di Screenhouse yang terletak di Kp. Babakan Cipari Desa Sukarasa Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut dengan metode Rancangan Acak Lengkap non faktorial yang terdiri dari lima perlakuan dengan lima kali ulangan yang terdiri dari perlakuan kontrol, ekstrak daun kipahit 7% (P1), 14% (P2), 21% (P3) dan 28% (P4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kipahit berpengaruh nyata terhadap parameter mortalitas larva, intensitas serangan, penghambatan makan, tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot basah dan bobot kering tanaman. perlakuan konsentrasi 7% (P1) merupakan perlakuan yang berpengaruh pada setiap parameter pengamatan dan dinilai mampu mengendalikan S.litura sehingga dapat mempertahankan pertumbuhan dan hasil tanaman kailan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun kipahit (Tithonia diversifolia); ulat grayak (Spodoptera litura0;) tanaman kailan (Brassica oleraceae var. Winsa TF CKL 09);
Subjects: Plant Injuries > Insect Pests
Plant Injuries > General Topics of Pests and Diseases Control
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Salma Rahmatun Nisa
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:20
Last Modified: 09 Jan 2023 03:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63156

Actions (login required)

View Item View Item