Problematika pengembangan Mubalighah : Studi tentang Umi Hindun di desa Pucung Kota Baru

Fikri, Az Zahra Nur (2022) Problematika pengembangan Mubalighah : Studi tentang Umi Hindun di desa Pucung Kota Baru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Tabligh adalah sebuah proses ataupun cara menyampaikan dakwah melalui media mimbar atau media yang tersedia seperti internet, dan lain-lain. Dalam proses sebuah dakwah tentunya tidak selalu berjalan dengan lancar, hambatan atau masalah pasti akan hadir dari berbagai sudut. Seperti problematika dakwah yang terjadi dalam pengembangan mubalighah di Desa Pucung, hal ini dapat dilihat dari jumlah mubalighah yang lebih sedikit daripada mubaligh. Jama’ah pengajian di Desa Pucung didominasi oleh perempuan, tetapi yang menjadi pendakwah dalam kajian tersebut didominasi mubaligh. Karena munculnya problematika tersebut yang dilandasi faktor budaya dan sosial yang terjadi, penulis akhirnya memutuskan menganalisis lebih dalam perjalanan dakwah mubalighah yaitu Umi Hindun untuk menggali lebih dalam problematika pengembangan mubalighah yang terjadi di desa tersebut. Pada penelitian ini, penulis memiliki fokus terhadap pengembangan dakwah , peranan mubalighah dan solusi untuk menjawab atau menghadapi hambatan dakwah yang dialami oleh Umi Hindun, selama proses dan perjalanan dakwahnya selama hampir 20 tahun lamanya. Fenomena inilah yang membuat penulis mengangkat teori pengembangan dan teori feminisme yang menjadi dasar untuk menggali penelitian ini lebih dalam, sebagai sarana yang akan membedah hasil penelitian ini dengan objektif dan menyeluruh. Karenanya, pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang memaparkan sebuah hasil analisis data dengan deskriptif, dari beberapa kegiatan dakwah yang dilakukan Umi Hindun. Data-data hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk kalimat ataupun kata dari hasil observasi di lapangan tempat Umi Hindun mengajar, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dalam setiap dakwah pasti ditemui problematika yang menjadi hambatan dan tantangan tersendiri bagi mubaligh atau mubalighah dalam perjalanan aktivitas dakwahnya. Namun, Umi Hindun memiliki upaya tersendiri dalam mengatasi problematika pengembangan dakwah dengan mengambil beberapa peranan sebagai mubalighah di Desa Pucung, seperti, membangun Lembaga-lembaga dakwah dan Pendidikan Islam, melakukan pembekalan dan pelatihan bagi tenaga pengajar di lembaganya untuk meningkatkan SDM perempuan agar berani dalam berdakwah, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: problematika pengembangan; mubalighah; feminisme
Subjects: Islam > Da'wah
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Az Zahra Nur Fikri
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:40
Last Modified: 05 Jan 2023 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63106

Actions (login required)

View Item View Item