Masjid sebagai lembaga pendidikan islam non formal : Studi kasus pada kajian kitab tafsir di masjid Al-Muhajirin komplek Griya Bandung Indah Kabupaten Bandung tahun 2020

Fachira, Ilma (2022) Masjid sebagai lembaga pendidikan islam non formal : Studi kasus pada kajian kitab tafsir di masjid Al-Muhajirin komplek Griya Bandung Indah Kabupaten Bandung tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kondsi masyarakat masjid Al-Muhajirin yang belum memahami pentingnya kajian kitab tafsir Al-Qur’an dan berasumsi bahwa masjid hanya sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah shalat berjama’ah saja. Dan memiliki tujuan untuk mendeskripsikan masjid sebagai lembaga pendidikan islam non formal khususnya di masjid Al-Muhajirin Komplek Griya Bandung Indah Kabupaten Bandung, serta memberikan gambaran mengenai war input, environmental input, instrumental input, proses, outpur, faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan kajian kitab tafsir Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengamati serta mengumpulkan data secara langsung melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada ketua DKM, para ustadz, pengurus DKM, dan warga belajar/jama’ah. Hasil penelitian ini menjelaskan: Pertama, input pada kajian tafsir di masjid al-muhajirin sebagai Lembaga Pendidikan Islam non formal terdiri dari environmental input yang merupakan masukan lingkungan, instrumental input atau sarana prasarana, dan raw input yang mencakup warga belajar atau jama’ah. Kedua, proses pada kajian ini menggunakan metode tafsir tahlili dan maudui atau tematik yang dikaitkan langsung dengan fenomena yang ada pada kehidupan sehari-hari. Ketiga, output pada kajian kitab tafsir memberikan manfaat pada peningkatan taraf hidup warga belajar, salah satunya adalah membelajarkan kembali kepada keluarga ataupun orang lain. Dan yang terakhir, memberikan gambaran mengenai faktor pendukung dan penghambat pada kegiatan kajian kitab tafsir di masjid al-muhajirin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masjid; Pendidikan islam non formal; kajian kitab tafsir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilma Fachira
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:06
Last Modified: 05 Jan 2023 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63105

Actions (login required)

View Item View Item