Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif siswa dengan menggunakan metode Collage Ball pada mata pelajaran SKI Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Negeri 2 Sumedang

Sholihah, Siti (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif siswa dengan menggunakan metode Collage Ball pada mata pelajaran SKI Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Negeri 2 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran SKI yang dilaksanakan di Kelas V MI Negeri 2 Sumedang. Hal ini di karenakan guru kurang kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran di kelas. Guru cenderung masih menggunakan metode konvensional dan guru hanya menyuruh siswa menulis di buku tulis sesuai buku paket sehingga siswa tidak memahami materi pembelajaran tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode Collage ball. Metode Collage ball merupakan alternative dalam peninjauan ulang materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode College Ball pada mata pelajaran SKI di MIN 2 Sumedang. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan metode College Ball untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran SKI MIN 2 Sumedang. 3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode College Ball pada mata pelajaran SKI di MIN 2 Sumedang. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa metode Collage Ball merupakan satu putaran pengulangan pada materi pembelajaran. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi dan menguatkan kembali, mengklarifikasi dan meringkas poin-poin kunci pembelajaran yang di ajarkan di kelas. Metode yang di gunakan dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan kelas ini dimulai dengan Pra siklus kemudian di lanjutkan dengan Siklus I dan Siklus II. Tahap-tahap pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian berdasarkan analisis yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan metode Collage Ball. Bila dibandingkan antara Pra Siklus dengan setelah tindakan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada Pra siklus yang mendapatkan nilai rata-rata 47,6 dengan jumlah seluruh siswa 25 orang yang sudah tuntas belajar sebanyak 16% sedangkan siswa yang belum tuntas yaitu mencapai 84%. Pada siklus I menyatakan bahwa hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata nilai 67,6 dengan jumlah seluruh siswa 25 orang yang sudah tuntas belajar sebanyak 60% dan siswa yang belum tuntas yaitu 40%. Dan pada Siklus II menyatakan bahwa hasil belajar siswa mendaptkan rata-rata nilai 78,4 dengan jumlah seluruh siswa 25 orang yang sudah tuntas belajar sebanyak 76% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 24 %. Data hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Collage Ball dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasi Belajar; kognitif; metode collage ball; SKI
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti sholihah
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:32
Last Modified: 05 Jan 2023 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63080

Actions (login required)

View Item View Item