Gaya kepemimpinan demokratis guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keberagamaan siswa : Penelitian di SMPN 1 dan SMPN 2 Kabupaten Garut

Huda, Taufik (2022) Gaya kepemimpinan demokratis guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keberagamaan siswa : Penelitian di SMPN 1 dan SMPN 2 Kabupaten Garut. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Gaya kepemimpinan demokratis guru PAI dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik buruknya keberagamaan siswa. Melihat begitu strategisnya gaya kepemimpinan demokratis guru PAI dalam pembelajaran, yakni sebagai pelaksana di garda terdepan, tentu dalam melaksanakan tugasnya harus pula disertai dengan kemampuan yang handal sehingga dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya kepemimpinan demokratis, dampak gaya kepemimpinan demokratis guru PAI terhadap pembelajaran, keberagamaan siswa, dan faktor pendukung dan penghambat gaya kepemimpinan demokratis guru PAI di SMPN 1 dan SMPN 2 Kabupaten Garut. Kerangka berpikir dalam penelitian ini memadukan teori kepemimpinan demokratis, teori pendidikan agama Islam, dan teori keberagamaan. Penelitian disertasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis untuk menganalisis kebutuhan informasi mengenai gaya kepemimpinan guru PAI dalam meningkatkan keberagamaan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, gaya kepemimpinan demokratis guru PAI di SMPN 1 dan SMPN 2 Kabupaten Garut yaitu dengan cara kolaborasi antara guru PAI dengan civitas sekolah yang saling bekerja sama dalam mengembangkan budaya Islami; kedua, dampak gaya kepemimpinan demokratis Guru PAI terhadap pembelajaran adalah meningkatnya kualitas pembelajaran, dengan adanya upaya dalam melaksanakan perannya sebagai pendidik yang menjadi teladan; ketiga, dampak gaya kepemimpinan demokratis guru PAI terhadap kebergamaan siswa di SMPN 1 dan SMPN 2 Kabupaten Garut adalah 1) meningkatnya keyakinan beragama siswa, 2) dimilikinya etika pergaulan yang baik, 3) siswa memiliki kebiasaan yang baik, 4) meningkatnya kedisiplinan siswa, 5) meningkatnya motivasi belajar siswa, 6) terjalinnya kerja sama antar warga sekolah; keempat, faktor pendukung gaya kepemimpinan demokratis guru PAI terhadap keberagamaan siswa: program keagamaan sekolah, guru, civitas sekolah, dan peran serta orang tua. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: faktor internal berupa pembinaan akhlak pada peserta didik hanya dilakukan sebatas di sekolah saja. Adapun faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan arus globalisasi modern.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Demokratis; Guru Pendidikan Agama Islam; Keberagamaan Siswa
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:44
Last Modified: 05 Jan 2023 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63067

Actions (login required)

View Item View Item