Implementasi kebijakan Standar Nasional Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Jawa Barat : Penelitian di MIS I'anatut Thalibin Bandung, MIS Miftahul Huda Bandung dan MIS Iqro Kabupaten Garut

Khadijah, Ifah (2022) Implementasi kebijakan Standar Nasional Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Jawa Barat : Penelitian di MIS I'anatut Thalibin Bandung, MIS Miftahul Huda Bandung dan MIS Iqro Kabupaten Garut. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Standar Nasional Pendidikan pada jenjang madrasah pada kenyataannya masih ditemui berbagai permasalahan yang kompleks yakni standar komptensi lulusan belum tercapai, mutu pembelajaran belum meningkat, keterbatasan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang terampil, sarana dan prasarana masih terbatas, dan minim bahan pembelajaran. Selain itu, standar pengelolaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terkait kebijakan Standar Nasional Pendidikan belum sepenuhnya dapat diimplementasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, dan dampak implementasi kebijakan standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan di MIS I'anatut Thalibin Bandung, MIS Miftahul Huda Bandung dan MIS Iqro Garut. Penelitian ini berdasarkan kerangka berpikir teori implementasi kebijakan pendidikan. Implementasi merupakan wujud utama dan tahap yang sangat menentukan proses kebijakan dalam pendidikan. Teori Van Meter dan Van Horn menjelaskan bahwa perbedaan dalam proses implementasi akan sangat dipengaruhi oleh sifat kebijakan yang akan dilaksanakan. Sehingga untuk mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan harus berlandaskan fungsi manajemen yaitu perencanan, pelaksanan, dan evaluasi agar tujuan kebijakan tercapai sesuai harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis untuk menganalisis kebutuhan informasi mengenai implementasi Standar Nasional Pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan implementasi kebijakan lima standar di ketiga sekolah disusun secara seksama dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan dan standar penilaian pendidikan sehingga dapat memenuhi standar Nasional Pendidikan; kedua, pelaksanaan secara bertahap dan berkesinambungan melibatkan semua unsur madrasah dan dijadikan acuan dalam penyusunan rencana kerja di tahun berikutnya; ketiga, evaluasi dilakukan secara internal dengan melakukan evaluasi sendiri terhadap kinerjanya berdasarkan SPM (Standar Pelayanan Minimal) dan terciptanya budaya peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan serta mengambil langkah antisipatif dengan memperkuat penjaminan mutu madrasah. Tingkat keberhasilan diukur berdasarkan rincian indikator keberhasilan, yaitu sebagai bentuk penjabaran dari visi, misi dan tujuan secara umum; Keempat, Faktor pendukung dari sisi pendidik dan dukungan madrasah, Faktor penghambat yang ada adalah terkait aturan terbaru SNP yang belum tersosialisasikan dan kurang merata supervisi; Kelima, dampak telah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan walaupun dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan belum nampak upaya maksimal, terutama dalam pengembagan dan peningkatan mutu hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Standar Nasional Pendidikan; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:44
Last Modified: 05 Jan 2023 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63060

Actions (login required)

View Item View Item