Analisis naratif idealisme wartawan dalam film Moammar Emka's Jakarta Undercover : Studi deskriptif pada Film Jakarta Undercover

Noerwansyah, Ilyas (2022) Analisis naratif idealisme wartawan dalam film Moammar Emka's Jakarta Undercover : Studi deskriptif pada Film Jakarta Undercover. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Film Moammar Emka’s Jakarta Undercover merupakan film yang diangkat dari buku fenomenal karya Moammar Emka dengan judul sama. Emka yang dulu berprofesi sebagai wartawan menginvestigasi tempat-tempat hiburan malam yang menawarkan jasa seksual di Jakarta. Film ini menggunakan metode pencarian berita yang dilakukan Emka sebagai benang merahnya. Masalah yang ingin diungkap dalam penelitian ini yaitu bagaimana alur awal, alur tengah, dan alur akhir film Moammar Emka’s Jakarta Undercover? Dan bagaimana idealisme seorang wartawan dinarasikan dalam film Moammar Emka’s Jakarta Undercover? Tema utama dalam film ini adalah tentang pengkhianatan. Seorang jurnalis dicap sebagai pengkhianat karena idealisme yang ia pegang. Dalam film ini, peneliti menemukan sembilan prinsip jurnalisme menurut Bill Kovach, yakni: kewajiban pada kebenaran, loyalitas pada warga, disiplin verifikasi, independen dari sumber berita, memantau penguasa, sebagai wadah forum publik, membuat tulisan yang menarik dan relevan, menjaga berita komprehensif dan proporsional, dan mendengarkan hati nurani. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis narasi yang dikembangkan oleh Tzvetan Todorov. Todorov membagi narasi menjadi tiga bagian yakni alur awal, tengah dan akhir. Karena narasi tidak cukup hanya menganalisis teks, beberapa komponen dapat diinterpretasikan melalui unsur-unsur sinematografi dalam adegan-adegan yang diteliti.Teknik pengumpulan data, secara primer dengan observasi film Moammar Emka’s Jakarta Undercover didukung data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dilema seorang wartawan. Saat seorang wartawan tidak memiliki pendirian yang kuat, hal itu akan berujung pada pelanggaran kode etik yang berlaku. Pelanggaran seperti merahasiakan identititas pada narasumber dan tidak menghormati ketentuan embargo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jakarta Undercover; idealisme, wartawan; narasi; Tzvetan Todorov;
Subjects: Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: ILYAS ILYAS NOERWANSYAH
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:18
Last Modified: 05 Jan 2023 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63055

Actions (login required)

View Item View Item