Analisis relevansi penggunaan alokasi dana desa dalam program pembangunan Desa Puncaksari tahun 2021 berdasarkan pasal 71 undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa persfektif Siyasah Dusturiyah

Aldi, Aldi (2022) Analisis relevansi penggunaan alokasi dana desa dalam program pembangunan Desa Puncaksari tahun 2021 berdasarkan pasal 71 undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa persfektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemberdayaan dalam masyarakat pedesaan dalam pembangunan desa. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Dengan mengembangkan sikap, prilaku, keterampilan, kemampuan serta memanfaatkan sumber daya melalui program pembinaan dan pelatihan yang sesuai dengan esensi masalah dan kebutuhan masyarakat. Dana merupakan salah satu penyokong pembangunan agar dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya Alokasi Dana Desa yang yang ditujukan bagi desa-desa di Indonesia sangat berpengaruh bagi kegiatan pembangunan desa. Sehubung dengan hal tersebut adanya program Alokasi Dana Desa adalah untuk kepentingan pembangunan di Desa Puncaksari dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui Relevansi Penggunaan Alokasi Dana Desa Dalam Program Pembangunan Desa di Desa Puncaksari Tahun 2021 Berdasarkan Pasal 71 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. 2). Mengetahui Kebijakan Pemerintah Desa Puncaksari Dalam Penggunaan Alokasi Dana Desa. 3). Menganalisis Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Relevansi Penggunaan Alokasi Dana Desa Dalam Program Pembangunan Desa dan Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Penggunaan Alokasi Dana Desa di Desa Puncaksari tahun 2021. Teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Pengelolaan Alokasi Dana Desa, Teori Kebijakan, dan Teori Siyasah Dusturiyah yaitu kajian siyasah mengenai peraturan perundang-undangan yang bersinggungan dengan kemaslahatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan cara memaparkan keadaan yang sebenarnya dari objek penelitian. Selanjutnya dilakukan penafsiran terhadap data yang ada sebagai solusi masalah yang muncul dalam penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan Alokasi Dana Desa dalam program Pembangunan Desa di Desa Puncaksari Tahun 2021 telah sesuai dengan ketentuan Pasal 71 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan sesuai dengan peruntukannya tetapi masih terdapat kendala-kendala dalam penggunaannya. 2). Kebijakan pemerintah Desa Puncak sari dalam penggunaan Alokasi Dana Desa yaitu peningkatan kapasitas pemerintahan desa, pengembangan usaha mikro, peningkatan infrastruktur desa dan peningkatan sumber daya manusia. 3). Berdasarkan tinjauan siyasah dusturiyah penggunaan Alokasi Dana Desa di Desa Puncaksari Tahun 2021 telah membawa kemaslahatan dan sesuai dengan prinsip kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan; Alokasi Dana Desa; Siyasah Dusuriyah
Subjects: Communities > Villages
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Aldi Aldi
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:30
Last Modified: 05 Jan 2023 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63036

Actions (login required)

View Item View Item