Pengembangan aplikasi Mobile Learning sebagai media pembelajaran matematika berbasis Android berbantuan Kodular IO

Millantika, Salwa Cendikia (2022) Pengembangan aplikasi Mobile Learning sebagai media pembelajaran matematika berbasis Android berbantuan Kodular IO. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya perkembangan IPTEK, pembuatan media pembelajaran matematika yang bervariatif semakin mudah dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi mobile learning berbasis android berbantuan Kodular IO yang dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses penelitian pengembangan aplikasi mobile learning sebagai media pembelajaran matematika berbasis android berbantuan Kodular IO (2) mengetahui efektivitas aplikasi mobile learning matematika yang dibuat (3) mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan aplikasi mobile learning matematika yang dibuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, soal tes dan angket. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pengembangan dilakukan melalui lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation, evaluation sehingga menghasilkan sebuah aplikasi mobile learning matematika yang dinyatakan layak untuk diuji cobakan, dengan hasil validasi yang memperoleh kriteria valid; (2) tingkat efektivitas aplikasi mobile learning matematika memperoleh kriteria efektif; (3) sikap siswa menunjukan bahwa mereka cenderung memberikan sikap positif terhadap penggunaan aplikasi mobile learning matematika, dengan hasil perolehan angket termasuk pada kriteria baik. Aplikasi mobile learning matematika ini memiliki kontribusi dalam proses pembelajaran matematika, khususnya untuk memberikan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mobile learning; Media Pembelajaran Matematika; Kodular IO
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Salwa Cendikia Millantika
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:21
Last Modified: 05 Jan 2023 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63020

Actions (login required)

View Item View Item