Peran usaha kecil menengah (UKM) dalam pengembangan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif keripik singkong Delapan Saudara di Desa Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut

Nurfadilah, Gina (2022) Peran usaha kecil menengah (UKM) dalam pengembangan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif keripik singkong Delapan Saudara di Desa Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Keadaan Ekonomi dan sosial masyarakat Kabupaten Garut masih ada yang memprihatin. Salah satu solusi terhadap hal tersebut adalah memberdayakan peran serta masyarakat melalui UKM, UKM yang terdapat di Desa Kersamanah bergerak dalam pembuatan keripik singkong. Usaha tersebut membantu sebagai masyarakat bergerak, berkembang menjadi lebih berdaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Program pengembangan usaha keripik singkong, proses pelaksanaan, dan hasil pengembangan masyarakat oleh pengusaha keripik singkong kampung Calingcing dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Landasan Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang diperkenalkan oleh Edi Suharto bahwa pemberdayaan merujuk pada kemampuan orang, khususnya kelompok yang rentan dan lemah sehingga mereka memiliki kekuatan atau kemampuan. Dalam pemberdayaan ekonomi yang menjadi hakikatnya yaitu perlu dilakukan berbagai pendekatan. Penerapan pendekatan pemberdayaan dapat dilakukan melalui 5P yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan, menganalisa, menggambarkan dan mengklasifikasikan tentang kondisi kehidupan serta langkah-langkah pengembangan usaha yang dilakukan para pengusaha keripik singkong melalui UKM dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi lapangan, dan studi dokumen. Hasil dari program,proses,hasil pengembangan menunjukan bahwa Usaha kecil dan juga menengah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi dalam negeri, termasuk dalam perekrutan tenaga kerja disebabkan banyaknya lapangan pekerjaan, maka tingkat pengangguran akan menurun. Berdasarkan Penelitian dapat disimpulkan pada saat proses pengembangan ekonomi yang dilakukan oleh Usaha keripik singkong delapan saudara dalam pengembangan ekonomi masyarakat juga menggunakan tahapan-tahapan dalam pemberdayaan masyarat adalah sebagai berikut:Tahapan dalam Tahapan Perencanaan,Tahap Pelaksanaan dan pendampingan Tahapan Monitoring dan Evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: UKM; Pengembangan Masyarakat; Keripik Singkong
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Gina Nurfadilah
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:26
Last Modified: 05 Jan 2023 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63019

Actions (login required)

View Item View Item