Implementasi ekosentrisme dalam penambangan batu kapur di desa Tamansari kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang Jawa Barat

Nufus, Siti Annisaa (2022) Implementasi ekosentrisme dalam penambangan batu kapur di desa Tamansari kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari keresahan akan minimnya perilaku ekologis masyrarakat di desa Tamansari yang krisis eksploitasi lingkungan dengan adanya kegiatan penambangan batu kapur. Akibat dari minimnya perilaku ekologis tersebut akan berdampak pada ketidakseimbangan ekosistem dan bisa menyebabkan bencana alam yang tidak terduga. Maka dari itu,melalui penelitian ini diharapkan masyarakat agar bertindak sebagaimana perilaku ekologis untuk keseimbangan lingkungan dan meninggalkan praktek ekslpoitasi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan manusia dengan alam yang dimanfaatkan dengan cara penambangan batu kapur pada lingkungan kawasan karst menggunakan sudut pandang teori ekosentrisme. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekosentrisme yang dikemukakan oleh Arne Naess sebagai upaya keseimbangan ekosistem dengan tidak menjadikan alam hanya sebagai objek untuk di eksploitasi, akan tetapi alam juga mempunyai nilai dan hak yang sama dengan manusia, dan perilaku ekosentrime dioperasionalisasikan kedalam tiga konsep yaitu kesadaran moral, solidaritas dan tertib sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi ekosentrisme di desa Tamansari adalah sebagai berikut : Pertama, tingkat kesadaran moral masyarakat desa Tamansari yang minim karena didasari faktor ekonomi dan keadaan yang terdesak, serta faktor lingkungan yang mendukung menjadikan masyarakat krisis eksploitasi lingkungan . Kedua,solidaritas masyarakat desa Tamansari didasari atas faktor ekonomi dan lingkungan yang sama, namun solidaritas tersebut tidak mendatangkan perilaku ekologis akan tetapi sebaliknya dikarenakan kegiatan penambangan batu kapur tidaklah mendukung keseimbangan ekosistem. Ketiga,tertib sosial masyarakat desa Tamansari tidak patuh pada aturan dan melanggar hak lingkungan. Tidak adanya perilaku ekologis ekosentrisme pada masyarakat desa Tamansri terkait penambangan batu kapur, cenderung krisis eksploitasi lingkungan, tidak danya upaya pengendalian dan tidak ada tindakan tegas dari pemerintahan terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosentrisme; Kesadaran Moral; Solidaritas; Tertib Sosial
Subjects: Mining and Related Operations > Mine Environtment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Annisaa Nufus
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:13
Last Modified: 04 Jan 2023 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62983

Actions (login required)

View Item View Item