Penerapan metode POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Directed Learning siswa

Afifah, Fani Siti (2022) Penerapan metode POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Directed Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Yastrib yang dibuktikan dengan persentase jawaban benar siswa sebelum penelitian sebesar 31,03%, serta self directed learning siswa yang masih perlu ditingkatkan dibuktikan dengan 7% siswa mendapat skor empat, 23% siswa mendapat skor tiga, 41% siswa mendapat skor dua, dan 28% siswa yang mendapat skor 1. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional dan mengetahui rata-rata peningkatan self directed learning siswa setelah menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain) lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain). Metode yang digunakan adalah kuasi semu dengan desain Non-Equivalent Control Group, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa yang terdiri dari dua kelas, 28 siswa kelas kontrol (VIII B) dan 28 siswa kelas eksperimen (VIII A). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan penerapan metode POE (Predict, Observe, Explain) lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode Konvensional. (2) peningkatan self directed learning siswa sesudah menerapkan metode POE (Predict, Observe, Explain) meningkat dibandingkan sebelum menerapkan metode POE, namun masih perlu adanya peningkatan lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Directed Learning; Metode Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain).
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fani Siti Afifah
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:22
Last Modified: 05 Jan 2023 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62961

Actions (login required)

View Item View Item