Pengaruh pengatahuan politik masyarakat berpendidikan tinggi terhadap partisipasi politik di Desa Karangtanjung : Studi kasus di Desa Karangtanjung

Hamdani, Fauziah Fadhilah (2022) Pengaruh pengatahuan politik masyarakat berpendidikan tinggi terhadap partisipasi politik di Desa Karangtanjung : Studi kasus di Desa Karangtanjung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagaimana hasil penelitian daripada Fakta pertama, UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Berdasarkan riset diatas maka, dapat disimpulkan bahwa literasi di Indonesia sangat rendah. Sehingga asumsi dari rendahnya literasi tersebut dapat memengaruhi pemahaman mereka terhadap politik, yang berimbas pada pendapat mereka terhadap dunia politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengetahuan politik masyarakat Desa Karangtanjung, kondisi partisipasi politik di Desa Karangtanjung serta pengaruh pengetahuan politik di Desa Karangtanjung terhadap partisipasi politik Desa Karangtanjung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan kondisi responden mengenai pengetahuan politik serta partisipasi politik, sedangkan metode verifikatif digunakan dalam pembuktian hipotesis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Serta ditunjang dengan teori-teori pengetahuan politik dan partisipasi politik. Populasi pada penelitian ini diambil dari Sebagian masyarakat Desa Karangtanjung yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap dengan jumlah keseluruhan 6423, dengan dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan metode slovin dan tingkat error 10% dan didapatkan jumlah 98 orang tetapi di disesuaikan menjadi 120 orang.Pada penelitian ini didapatkan hasil dari karakteristik respoden laki-laki 50,8% dan perempuan 49,2%. Sedangkan karakteristik berdasarkan Pendidikan terakhir didapatkan pada jumlah terbesar persentase pertama di tingkat Pendidikan SMA/SLTP dengan jumlah presentase 58,3% dan kedua pada tingkat Pendidikan S1 dengan jumlah presentase 30,8%.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh pengetahuan politik masyarakat berpendidikan tinggi terhadapat partisipasi politik masyarakat Desa Karangtanjung. Pada penelitian ini didapatkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat nya cukup tinggi serta kondisi pengetahuan politik Desa Karangtanjung cukup tinggi dengan dibuktikan dari hasil kuesioner yang disebar. Begitupun dengan kondisi partisipasi politik masyarakat Desa Karangtanjung, setelah dilakukan penyebaran kuesioner hasil dari akumulasi keseluruhan mendapatkan partisipasi politik di Desa Karangtanjung tinggi. Dengan begitu pengaruh pengetahuan masyarakat berpendidikan tinggi politik terhadap partisipasi di Desa Karangtanjung sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Politik; Partisipasi Politik; Desa Karangtanjung
Subjects: Political dan Government Science > Research and Statistical Methods
Political dan Government Science > Political Situation and Condition
Political dan Government Science > Political Situation and Condition in Indonesia
Political Process > Political Parties
Political Process > Practical Politics
International Relations > Foreign Relations of Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Fauziah Fadhilah Hamdani
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:41
Last Modified: 04 Jan 2023 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62921

Actions (login required)

View Item View Item