Motivasi belajar siswa menggunakan media Google Classroom pengaruhnya terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa PTMT : Penelitian di kelas IX SMPN 46 Bandung

Melenia, Anisah Fitri (2022) Motivasi belajar siswa menggunakan media Google Classroom pengaruhnya terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa PTMT : Penelitian di kelas IX SMPN 46 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

SMPN 46 Bandung selama pembelajaran PAI di masa PTMT menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dan kurang tertarik dalam pembelajaran dan pengumpulan tugas, dapat dilihat dari jadwal tatap muka untuk pengumpulan tugas, sangat sedikit yang mau mengumpulkan secara langsung, dan selama proses pembelajaran menggunakan virtual meet partisipasi peserta didik dalam satu kelas kurang dari setengah yang mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran di masa PTMT sangat dibutuhkan salah satunya adalah google classroom dengan fiturnya yang ideal sehingga selama pengaplikasian di SMPN 46 Bandung berjalan dengan baik dan antusias peserta didiknya lebih baik jika dibandingkan dengan media lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar siswa menggunakan media google classroom pada mata pelajaran PAI di masa PTMT di kelas IX SMPN 46 Bandung. 2) Aktivitas belajar siswa menggunakan media google classroom pada mata pelajaran PAI di masa PTMT di kelas IX SMPN 46 Bandung. 3) Motivasi belajar siswa menggunakan media google classroom pengaruhnya terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa PTMT di kelas IX SMPN 46 Bandung. Proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas belajar siswa dapat dipengaruhi oleh motivasi atau dorongan baik yang berasal dari dalam maupun luar. Peneliti merujuk pada pemikiran bahwa motivasi belajar akan memiliki pengaruh pada aktivitas belajar. Langkah-langkah penulis dalam penelitian ini, yaitu: 1) Pendekatan kuantitatif. 2) Metode yang digunakan korelasi. 3) Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. 4) Teknik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) Motivasi belajar siswa menggunakan media google classroom termasuk dalam kualifikasi tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata dari delapan indikator variabel X dengan angka 4,08 yang berada pada skala 3,40 – 4,19. 2) Aktivitas belajar siswa pada mata PAI di masa PTMT termasuk pada kualifikasi tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata dari tujuh indikator aktivitas belajar dengan angka 3,84 berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Pengaruh motivasi belajar siswa menggunakan media google classroom terhadap aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa PTMT di kelas IX SMPN 46 Bandung 37% dan sisanya 63% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun koefisien kolerasi sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 7,31 > 0,22 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Motivasi; Aktivitas; PAI; PTMT
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisah Fitri Melenia
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:30
Last Modified: 03 Jan 2023 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62887

Actions (login required)

View Item View Item