Manajemen organisasi Pers mahasiswa dalam Reportase : Studi deskriptif pada organisasi Pers Mahasiswa Perslima UPI Bandung

Alfian, Alif Muhamad (2022) Manajemen organisasi Pers mahasiswa dalam Reportase : Studi deskriptif pada organisasi Pers Mahasiswa Perslima UPI Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi pers mahasiswa setiap generasi selalu menggambarkan kisah yang menarik dalam berperan aktif di masyarakat. Mengingat pentingnya kontribusi yang diberikan pers mahasiswa, maka sudah seharusnya pengelolaan manajemen pers mahasiswa dalam aktivitas reportase sebagai jurnalis yang ideal hendaklah menjamin terpenuhnya hak-hak informasi secara benar, jelas, dan tepat. Pengelolaan manajemen organisasi pers mahasiswa melalui berbagai fungsi, biasanya digolongkan pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. UKM Perslima merupakan organisasi pers mahasiswa yang berada dibawah naungan kampus UPI Cibiru Bandung dan menjadi organisasi pers mahasiswa tanpa memiliki background anggota dalam ilmu komunikasi terkhusus pada prodi jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen organisasi pers mahasiswa UKM Perslima tanpa background komunikasi. Secara lebih rinci, penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan organisasi Perslima dalam reportase peliputan, bagaimana pengorganisasian organisasi Perslima dalam aktivitas reportase, bagaimana pelaksanaan organisasi Perslima dalam aktivitas peliputan reportase, dan bagaimana pengawasan organisasi Perslima dalam reportase peliputan. Teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan dari penelitian ini adalah deskriptif metode kualitatif, melalui partisipasi dari anggota aktif, struktur pengurus, demisioner alumni dari UKM Perslima UPI Cibiru. Kerangka teori dari penelitian ini adalah menggunakan konsep POAC dari implementasi manajemen organisasi. Hasil penelitian ini diantaranya peneliti dapat mengetahui metode manajemen organisasi yang dilakukan UKM Perslima dalam aktivitas reportase yaitu pertama dengan perencanaan yang terdiri dari agenda pertemuan keredaksian, koordinasi divisi, pedoman Ad-Art, dan Validitas dari urgensi berita. Kedua pengorganisasian dimulai dari pengelolaan calon anggota, pembagian tim liputan, dan pemberian jobdesk program konten liputan. Ketiga pelaksanaan upgrading dalam pemberian bekal liputan, pelaksanaan berbagai konten peliputan, standarisasi pelaksanaan teknis peliputan, dan melakukan pengarahan serta kebutuhan dalam bertugas. Keempat pengawasan yang dilakukan dengan mengadakan monitoring anggota, pelaksanakan forum diskusi evaluasi rapat rutin, respon viewers hasil berita dan memberikan motivasi baik berupa apresiasi atau mengadakan kegiatan khusus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pers Mahasiswa; Manajemen Organisasi; Reportase; Perslima.
Subjects: Biography, Obituary
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Mahasiswa Alif Muhamad Alfian
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:58
Last Modified: 03 Jan 2023 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62872

Actions (login required)

View Item View Item