Hubungan antara layanan bimbingan dan konseling berbasis digital dan pengembangan potensi peserta didik

Kurniawan, Wawan (2022) Hubungan antara layanan bimbingan dan konseling berbasis digital dan pengembangan potensi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Tidak maksimalnya pelayanan bimbingan dan konseling secara digital menghambat proses pengawasan perkembangan potensi peserta didik. Memasuki era ini banyak hal yang berubah, dalam hal komunikasi tidak lagi harus dilakukan dengan tatap muka. Dengan adanya internet, maka pelayanan konseling dapat ditawarkan melalui jaringan kepada klien tanpa harus bertatap muka (face to face). Berbagai permasalahan klien juga dapat berasal dari penggunaan internet dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya, termasuk dalam penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan bimbingan dan konseling berbasis digital di Madrasah Aliyah Se-Kota Bandung, mendeskripsikan pengembangan potensi peserta didik di Madrasah Aliyah Se-Kota Bandung dan menganalisis/menguji hipotesis hubungan layanan bimbingan dan konseling berbasis digital dengan pengembangan potensi peserta didik di Madrasah Aliyah Se- Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan normalitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasarat (uji normalitas dan uji linieritas), serta uji korelasi, koefisien korelasi, rank spearman dan determinasi. Untuk mengukur hubungan penelitian ini menggunakan rumus productmoment. Berdasarkan hasil penelitian layanan bimbingan dan konsling berbasis digital tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap pengembangan potensi peserta didik, dengan taraf signifikansi 0,848. Yang artinya 0,848 > 0,05 maka tidak terdapat korelasi atau hubungan layanan bimbingan dan konseling berbasis digital dengan pengembangan potensi peserta didik. Selanjutnya juga tidak terdapat jenis korelasi pada penelitian ini adalah korelasi negatif, karena antara kedua variabel tidak berhubungn secara signifikan. Jenis hubungan variabel layanan bimbingan dan konseling berbasis digital dengan pengembangan potensi peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling; Digital; Potensi; Peserta Didik;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: wawan kurniawan Maman
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:07
Last Modified: 04 Jan 2023 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62871

Actions (login required)

View Item View Item