Konsep pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam menurut Prof. Dr. H. Muhaimin. MA.: Studi atas pemikiran Prof. Dr. H. Muhaimin, MA.

Maulana, Fahri Ali (2022) Konsep pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam menurut Prof. Dr. H. Muhaimin. MA.: Studi atas pemikiran Prof. Dr. H. Muhaimin, MA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kurangnya upaya untuk mengembangkan pendidikan agama Islam secara umum sehingga tidak sedikit praktisi pendidikan agama Islam secara konsisten mengambil tindakan untuk mengembangkan pendidikan agama Islam secara umum dan komprehensif karena keterbatasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan kurangnya upaya mengembangkan kurikulum pendidikan. Islam mempengaruhi kualitas pendidikan Islam universal, khususnya pendidikan agama Islam di Indonesia. Baik dari segi pelaksanaan maupun kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kurikulum Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, MA., (3) memahami prosedur pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, MA. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif, mengembangkan teori berdasarkan referensi yang akan dipelajari dan kesimpulan terkait variabel penelitian yang lebih kompleks dengan menggunakan jenis studi pustaka dari sumber utama yang digunakan oleh penulis yakni dua buku karya Prof. Dr. H. Muhaimin, MA., yang berjudul “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam” dan “Wacana Pengembangan Pendidikan Islam”. Selanjutnya, analisis data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah mengorganisasikan data, membaginya menjadi unit-unit, mensintesis, mengembangkan pola, memilih apa yang penting dan apa yang akan dipelajari, dan membuat pernyataan yang dapat dilakukan oleh orang lain. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut, Prof. Dr. H. Muhaimin, MA., menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Kegiatan untuk menghasilkan kurikulum PAI, (2) Proses menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya untuk menghasilkan kurikulum PAI yang lebih baik, (3) kegiatan penyusunan (desain), pelaksanaan, evaluasi dan penyempurnaan kurikulum PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Prof. Dr. H. Muhaimin. MA.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahri Ali Maulana
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:50
Last Modified: 06 Jan 2023 08:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62857

Actions (login required)

View Item View Item