Nilai histori dalam foto jurnalistik: Analisis semiotika Roland Barthes mengenai emas bersejarah sepak takraw Indonesia pada kanal antarafoto.com karya Nova Wahyudi

Muhtadi, Alda Sabilal (2022) Nilai histori dalam foto jurnalistik: Analisis semiotika Roland Barthes mengenai emas bersejarah sepak takraw Indonesia pada kanal antarafoto.com karya Nova Wahyudi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Foto merupakan daya tarik tersendiri dalam dunia jurnalistik, sehingga banyak media online menggunakan foto sebagai daya tarik untuk memikat para pembaca. Foto jurnalistik terjadi secara alami dan tanpa rekayasa, selain itu dalam berita yang disajikan dengan atau berupa foto jurnalistik ini pun menyimpan makna dan pesan serta nilai histori yang hendak disampaikan, masyarakat terkadang belum tentu mengerti akan berita tersebut atau malah enggan untuk membaca berita yang berbentuk tulisan, oleh karena itu dalam media cetak, isi berita disertai dengan sebuah foto. Pemberitaan diselingi foto, pesan dan informasi yang sulit disampaikan melalui tulisan dapat dijelaskan Foto merupakan rekaman peristiwa yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotatif, konotatif dan mitologi yang terkandung dalam foto cerita Emas Bersejarah Sepak Takraw Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Bila dikaitkan dengan masalah penelitian, maka diperlukan teori analisis semiotika Roland Barthes dengan metode deskriptif kualitatif untuk meneliti bagaimana mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos pada foto cerita Emas Bersejarah Sepak Takraw Indonesia. Teori yang digunakan ialah analisis semiotika Roland Barthes yang mempelajari tentang kode-kode sebagai tanda atau sesuatu yang memiliki makna. Semiotika digunakan untuk mengkomunikasikan informasi. Semiotika juga meliputi tanda-tanda visual dan verbal serta semua tanda yang dapat diterima oleh semua panca indera. Tanda-tanda tersebut akan membentuk sebuah sistem kode yang secara sistematis menyampaikan sebuah pesan atau informasi dari perilaku manusia yang kemudian diterima sehingga maknanya akan lebih mudah dimengerti, dengan tahapan seperti denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini adalah keseluruhan data foto cerita karya Nova Wahyudi yang memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa foto cerita Emas Bersejarah Sepak Takraw Indonesia merupakan foto yang bersifat historikal, serta mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos didalamnya. Point of interest dari tujuh foto yang di teliti yaitu perjuangan atlet Indonesia dalam cabang olahraga sepak takraw yang berhasil membawa mendali emas dan menjadi prestasi terbaik sejak pertama kali dilombakan pada tahun 1990.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: semiotika; fotocerita; antarafoto
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Alda Sabilal Muhtadi
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:11
Last Modified: 03 Jan 2023 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62834

Actions (login required)

View Item View Item