Survivalitas beragama masyarakat Towani Tolotang: Studi pada masyarakat penganut kepercayaan Towani Tolotang di Kelurahan Galung Maloang, Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan

Lutfiah, Syarifah lu'lu (2022) Survivalitas beragama masyarakat Towani Tolotang: Studi pada masyarakat penganut kepercayaan Towani Tolotang di Kelurahan Galung Maloang, Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (1).pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Diketahui secara garis kebangsaan, bangsa Indonesia merupakan suatu bangsa dengan ragam suku budaya dan juga agama akhirnya menimbulkan keragaman tersendiri sebagai kekeyaan dari sebuah bangsa Hal ini juga termasuk ke salah satu komunitas Towani Tolotang yang mempunyai sistem kepercayaan tersendiri berdasarkan warisan leluhurnya yang masih bertahan hingga sekarang. Penelitan ini bertujuan untuk bagaimana kepercayaan Towani tolotang, sikap survivalitas atau kebertahanan dalam mempertahankan kepecayaan masyrakat Towani Tolotang berada di keluraha Galung Maloang, kota Pare-pare. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana penelitian ini tidak menggunakan angka sebagai bahan kajiannya. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Survival of the Fittest dari Herbert Spencer dan AGIL dari Parcot Parsons. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam survivalitas beragama masyarakat Towani Tolotang di kelurahan Galung Maloang masih didapati bahwa masyarakat Towani Tolotang masih tetap menjalani ritual keagamaannya dan tidak meninggalkan sama sekali. Terdapat juga sikap dan fakor yang melatarbelakangi hal tersebut. Sikap yang membuat masyarakat Towani tolotang tetap bertahan dengan kepercayaannya yaitu: 1)Masih menjalankan ritual leluhur, 2) Mudah berbaur dengan masyarakat di lingkungan sekitar dan 3)Memiliki sikap solidaritas yang tinggi Adapun faktor yang mempengaruhi masyarakat Towani Tolotang tetap bertahan dengan kepercayaannya yaitu: 1)Tidak ada tindakan diskriminasi dari masyarakat sekitar 2)Kepercayaan turun temurun 3)Meratanya pendidikan 4)Pemerintah yang mendukung serta melindungi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Agama; Survivalitas; Towani Tolotang
Subjects: Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Syarifah Lu’lu Lutfiah
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:31
Last Modified: 02 Jan 2023 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62782

Actions (login required)

View Item View Item