Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penjualan produk Black Market dihubungkan dengan undang-undang nomor 20 tahun 2016 : Studi kasus di desa Sukahayu kabupaten Sumedang

Firdausy, Muhamad Luthfi (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penjualan produk Black Market dihubungkan dengan undang-undang nomor 20 tahun 2016 : Studi kasus di desa Sukahayu kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Adapun dalam Islam, produk black market termasuk kedalam Ibtikar yaitu hak keistimewaan atas suatu ciptaan yang pertama kali diciptakan. Kemudian juga ada unsur ghassab yaitu mengambil hak orang lain tanpa izin. Seperti pada praktik jual beli pada umumnya, jual beli produk black marketpun sama-sama mecari keuntungan untuk memenuhi dan mempertahankan kebutuhan hidup. Objek dalam kasus ini menjadi barang ghassab karena merampas ataupun mengambil hak milik orang lain tanpa izin dari si pemilik asli. Permasalahan ini membuat praktik jual beli tersebut bertentangan dengan maqasid al-Syariah yang mana tujuan diturunkannya Syariat Islam adalah menjaga harta kekayaan (hifdz al-mal) dan juga menjadikan pelaku praktik ini dzalim terhadap pemilik asli produk tersebut. Hukum Islam mengharuskan para pihak berlaku jujur dalam melaksanakan transaksi jual beli, mempunyai i’tikad baik, sebagai sarana tolong menolong, dan didasari atas rasa suka sama suka diantara kedua belah pihak Adapun dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk memperoleh pengetahuan faktual mengenai : 1) praktek jual beli produk black market di daerah pasar Darangdan Kabupaten Sumedang, dan ; 2) mengetahui bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktek jual beli produk black market Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research) atau studi kasus (case study) dengan pendekatan yang digunakan adalah deskriptrif-analisis dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Maka, kesimpulan atau hasil akhir dari penelitian ini bahwasannya dengan adanya hal yang bertentangan dengan syariat Islam menjadikan tidak sahnya akad dan masih banyak ditemukan pada masyarakat umum pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan seperti halnya jual beli produk black market ini yang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Hal tersebut terjadi salah satunya karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang peraturan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual beli; black market; hukum ekonomi syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: muhamad luthfi firdausy
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:06
Last Modified: 02 Jan 2023 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62781

Actions (login required)

View Item View Item