Dakwah dalam pendekatan Podcast : Studi deskriptif tentang strategi dakwah pada program berbeda tapi bersama pada aplikasi Noice.id

Iqbal, Muhammad (2022) Dakwah dalam pendekatan Podcast : Studi deskriptif tentang strategi dakwah pada program berbeda tapi bersama pada aplikasi Noice.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Podcast Berbeda Tapi Bersama yang merupakan konten dakwah yang diperkenalkan oleh Habib Ja’far Husein Al-Hadar, memperkenalkan dakwah dengan tema toleransi kepada para pendengarnya. Dalam pelaksanaannya, podcast ini mencontohkan bagaimana toleransi dipraktekan dengan berdialog dengan pihak yang memiliki perbedaan dari keyakinannya, latar belakang kisah hidupnya, dan basic keilmuan yang dimiliki. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik dari cara dakwah yang dilakukan podcast ini dan membuat peneliti beserta para pendengar Podcast Berbeda Tapi Bersama mendapatkan wawasan toleransi yang luas. Tujuan penelitian ini adalah menggali bagaimana strategi dakwah yang dilakukan Habib Ja’far dalam berdakwah dengan Podcast Berbeda Tapi Bersama. Strategi dakwah merupakan tahapan dalam membuat perencanaan, lalu membuat rancangan, dan melaksanakan dakwah yang ingin disampaikan. Penulis membagi fokus penelitian kedalam empat bagian, yaitu perencanaan dakwah, rancangan dakwah, pelaksanaan dakwah, dan bagaimana dampak dari dakwah yang dilakukan Podcast Berbeda Tapi Bersama. Untuk mengetahui strategi dakwah tersebut, penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dengan dibantu teori Harold Lasswell untuk membedah strategi yang digunakan dan teori medium untuk mengetahui dampak dari dakwah yang dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian studi deskriptif kualitatif yang menjelaskan hasil penelitian ini. Data penelitian ini dihimpun dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi data agar mempertajam interpretasi peneliti terhadap fenomena yang terjadi Hasil dari penelitian yang ini ialah pertama, perencanaan dakwah podcast Berbeda Tapi Bersama dimulai dengan menentukan tujuan, tema, dan sasaran dakwah. Kedua, rancangan dakwah podcast ini berupa menyusun konsep, menentukan media, metode, dan membuat ekspektasi dakwah. Ketiga, pelaksanaan dakwah podcast Berbeda Tapi Bersama yang menjalani tiga tahap produksi podcast mulai dari pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Keempat, dampak dakwah yang muncul berupa dampak bagi konten dakwah yang hadir di Noice.id dan dampak dakwah bagi para pendengar di Noice,id. Kesimpulan dari penelitian ini ialah podcast Berbeda Tapi Bersama menggunakan strategi dakwah untuk mencontohkan dakwah dengan cara yang baru dan Habib Ja’far memperknalkan cara tersebut dengan dinamakan “Da’wah Casual”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Podcast; Toleransi
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Iqbal
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:12
Last Modified: 02 Jan 2023 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62772

Actions (login required)

View Item View Item