Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik di Sekolah (Penelitian di Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi)

Astarina, Femi Nur (2014) Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik di Sekolah (Penelitian di Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
4_BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa keberhasilan dalam pendidikan itu tergantung kepada pendidiknya, oleh karena itu pendidik diwajibkan memenuhi empat kompetensi yang harus dimilikinya, yaitu: kompetensi paedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Agar pembahasan tidak terlalu luas, pada skripsi ini peneliti lebih jauh meneliti mengenai kompetensi profesional tenaga pendidik dan sejauh mana upaya Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah dalam mengembangkan kompetensi profesional tenaga pendidiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, perencanaan pengembangan kompetensi profesional tenaga pendidik, pelaksanaan pengembangan kompetensi profesional tenaga pendidik, evaluasi pengembangan kompetensi profesional tenaga pendidik, hasil yang dicapai dari pengembangan kompetensi profesional tenaga pendidik, serta faktor penunjang dan penghambat pengembangan kompetensi profesional tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran pada pemikiran bahwa keberhasilan pendidikan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya kompetensi pendidik dan salah satunya adalah kompetensi profesional. Oleh sebab itu, pendidik harus senantiasa mengembangkan kompetensi profesionalnya dan pihak sekolah seyogyanya memfasilitasi program-program yang dapat mengembangkan kompetensi profesional tenaga pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi/menyalin. Analisis data dilakukan dengan Reduksi data, kategorisasi, Sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja, adapun uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, cek sejawat, kecukupan referensi, analisis kasus negative, urayan rinci, audit kebergantungan dan audit kepastian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air kabupaten Sukabumi mendukung pengembangan kompetensi tenaga pendidiknya. Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Kabupaten merencanakan program-program yang dapat mengembangkan kompetensi profesional tenaga pendidik diantaranya: program peningkatan kualifikasi tenaga pendidik, program penyetaraan pendidikan tenaga pendidik, program sertifikasi pendidik, dan program pengembangan keprofesian Berkelanjutan. Program-program tersebut terlaksana secara efektif dan efisien hal ini terbukti dengan hasil pengembangan kompetensi tenaga pendidik Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi yaitu dengan diraihnya sejumlah prestasi oleh pendidik, peserta didik, dan lembaga Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air kabupaten Sukabumi. Keberhasilan ini tidak terlepas dari faktor penunjang dan penghambat. Faktor penunjang meliputi sistem kepemimpinan yang baik, minat pendidik dalam mengembangkan kompetensi profesionalnya dan letak geografis Sekolah Dasar Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Kabupaten Sukabumi. Sedangkan faktor penghambat adalah tidak akuratnya waktu implementasi, terbatasnya dana yang tersedia, sarana dan prasarana yang tidak menunjang dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:06
Last Modified: 03 Jul 2018 10:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item