Analisis kesulitan melafalkan huruf Hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur'ān Hadits

Sircahyati, Arlin (2022) Analisis kesulitan melafalkan huruf Hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur'ān Hadits. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara kepada guru kelas I MIS Cipariuk mengatakan bahwa pada saat pembelajaran Al-Qur'ān Hadits materi huruf hijaiyah terdapat beberapa siswa yang belum mampu melafalkan huruf hijaiyah, masih keliru antara huruf satu dengan huruf yang lain baik dari segi bunyi huruf maupun bentuk tulisan, dan belum mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan tanda bacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bentuk kesulitan siswa melafalkan huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur'ān Hadits di MIS Cipariuk; 2) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan melafalkan huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur'ān Hadits di MIS Cipariuk; 3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan melafalkan huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur'ān Hadits di MIS Cipariuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah terdiri dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) bentuk kesulitan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah pada siswa kelas 1 MIS Cipariuk ialah Kesulitan membedakan huruf hijaiyah, Kesulitan belum hafal huruf, Kesulitan belum hafal harakat (fathah, kasrah, dhammah), dan Kesulitan belum hafal harakat (fathatain, kasratain, dhammahtain). Bentuk kesulitan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah tersebut dilihat pada hasil tes kemampuan dalam melafalkan huruf hijaiyah siswa kelas 1 MIS Cipariuk berada pada kategori kurang; 2) faktor internalnya yaitu, kemampuan intelektual yang kurang mendukung, tidak menyukai kegiatan belajar melafalkan huruf hijaiyah, tidak ada motivasi dari dalam diri siswa, dan lidah yang kaku melafalkan huruf hijaiyah. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu faktor pendidikan dalam keluarga dan faktor lingkungan sekolah; 3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur'ān Hadits kelas 1 MIS Cipariuk yaitu guru memberikan bimbingan khusus dengan menggunakan metode yang tepat, guru memberikan tugas di rumah (PR), menyarankan untuk mengikuti kegiatan yang bersifat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengikuti pengajian di sekitar rumah atau mengikuti sekolah formal di MDA, memanfaatkan alat komunikasi (gawai) dengan baik sebagai sarana media pembelajaran dan upaya terakhir yaitu bekerja sama antara guru dan orang tua yang berkelanjutan dan bekerja sama juga dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan pendidikan di sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam usaha-usaha sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah; Pembelajaran Al-Qur'ān Hadits;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Building for Educational and Research Purposes > Elementary School Building Architecture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlin Sircahyati
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:05
Last Modified: 02 Jan 2023 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62737

Actions (login required)

View Item View Item