Interaksi sosial siswa di kelas hubungannya dengan respon siswa terhadap proses pembelajaran Akidah Akhlak : Penelitian pada siswa kelas VII MTs Kifayatul Achyar

Tasya, Mardhatila (2022) Interaksi sosial siswa di kelas hubungannya dengan respon siswa terhadap proses pembelajaran Akidah Akhlak : Penelitian pada siswa kelas VII MTs Kifayatul Achyar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh interaksi sosial siswa sangat berperan penting dalam mendukung sebuah kegiatan proses belajar mengajar dan hal tersebut mendapatkan tanggapan yang cukup positif dari siswa. Tetapi walaupun mendapatkan respon yang baik ternyata masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam melakukan atau membangun interaksi sosial di kelas sehingga hal tersebut mempengaruhi cara siswa merespon sebuah proses pembelajaran terutama dalam merespon proses pembelajaran akidah akhlak. Sehingga hal tersebut menarik untuk diteliti. Tujuan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas interaksi sosial siswa di kelas VII MTs Kifayatul Achyar. (2) Realitas respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak. (3) Korelasi atau hubungan interaksi sosial siswa dengan respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak di MTs Kifayatul Achyar. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah interaksi sosial siswa di kelas. Berdasarkan asumsi tersebut maka diajukan hipotesis yaitu semakin baik interaksi sosial siswa di kelas maka akan semakin baik pula respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak. Maka dugaan sementara dari penelitian ini terdapat hubungan antara interaksi sosial siswa di kelas dengan respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif diolah menggunakan analisis statistik dengan menempuh teknik analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bawa (1) Interaksi sosial siswa berkategori tinggi, rata-rata skor akhirnya sebesar 3,65. Angka tersebut termasuk pada interval [3,40 – 4,19]. (2) Respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak berkategori tinggi, rata-rata skor 3,89 berada pada interval [3,40 – 4,19]. (3) Hubungan interaksi sosial siswa di kelas (variabel X) dengan respon siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak (Y) berdasarkan perhitungan, analisis koefisien korelasinya sebesar 0,48 berkategori sedang yang berada pada interval [0,40 – 0,60]. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung sebesar 4,50 lebih besar daripada Ttabel 2,00. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial; Respon siswa; Proses pembelajaran akidah akhlak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mardhatila Tasya
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:48
Last Modified: 02 Jan 2023 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62687

Actions (login required)

View Item View Item