Hubungan supervisi manajerial terhadap kinerja Tenaga Kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya

Aziz, Torik Abdul (2022) Hubungan supervisi manajerial terhadap kinerja Tenaga Kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Supervisi manajerial menekankan pada pembinaan, bimbingan, dan pemantauan melalui hal-hal yang ada kaitannya dengan pengelolaan serta administrasi madrasah yang memiliki fungsi sebagai pendukung (supporting) jalannya proses pembelajaran. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar tidak lepas dari peran kepala madrasah dan guru, namun tenaga kependidikan juga menjadi bagian penting dalam mewujudkan tujuan madrasah. Oleh sebab itu, kepala madrasah memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan di madrasahnya secara menyeluruh, salah satunya melalui supervisi manajerial yang dilakukan oleh kepala madrasah untuk mengawasi kinerja tenaga kependidikannya. Karena berhasil atau tidaknya madrasah, banyak bergantung dari bagaimana tenaga kependidikan mengelola madrasahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan Supervisi Manajerial Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya, (2) Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya, dan (3) hubungan supervisi manajerial terhadap kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikamalaya. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan angket kepada Tenaga Kependidikan yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer yang disebar melalui sistem daring dengan menggunakan media WhatsApp kepada 40 responden/sampel. Adapun Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji analisis parsial, uji normalitas, uji linieritas serta uji hipotesis (uji korelasi dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) supervisi manajerial di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya termasuk pada kualifikasi kuat dan variabel X berdistribusi normal, karena rata rata yang diperoleh sebesar 3,82 termasuk pada rentang interval 3,6 – 4,5. (2) kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya termasuk dalam kategori tinggi dan variabel Y berdistribusi normal, karena rata-rata yang diperoleh yaitu 3,715 berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (3) hubungan supervisi manajerial terhadap kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya berkorelasi positif dan signifikan, dengan koefesien korelasinya sebesar 0,787 artinya angka tersebut berada pada rentang 0,60 - 0,79 yang termasuk kategori korelasi kuat. Hal ini dibuktikan lagi dengan hasil perhitungan IBM SPSS Statistics v.26.0 memiliki angka positif sebesar 0,787 dengan demikian, kedua variabel dalam penelitian ini mempunyai hubungan yang bersifat positif (searah) dengan tingkat kekuatan hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Manajerial; Kinerja; Tenaga Kependidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Torik Abdul Aziz
Date Deposited: 30 Dec 2022 09:19
Last Modified: 02 Jan 2023 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62679

Actions (login required)

View Item View Item