Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Kalbe Farma Tbk periode 2011-2021

Azzahra, Salma (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Kalbe Farma Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan nilai Return On Equity yang mengalami fluktuasi, sedangkan sebagaimana yang diketahui profitabilitas yang tinggi merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam mengelola perusahaan. Maka lewat penelitian ini peneliti melakukan penelitian terhadap rasio yang diduga dapat mempengaruhi Return On Equity yaitu Current Rasio dan Total Asset Turnover karena dalam kedua rasio ini terdapat komponen-komponen yang dapat mempengaruhi laba yang dihasilkan perusahaan seperti kas, hutang, penjualan dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh yang ada baik secara parsial maupun simultan pada variabel Current Ratio, Total Asset Turnover dan Return On Equity pada perusahaan sektor kesehatan. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini pada teori yang menjelaskan bahwa persediaan kas yang besar dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan laba sebagai acuan jika semakin tinggi Current Ratio maka semakin tinggi juga Return On Equity. Dan pada teori yang menjelaskan bahwa penggunaan aset yang efektif dapat meningkatkan laba atas ekuitas sebagai acuan jika semakin tinggi Total Asset Turnover maka semakin tinggi juga Return On Equity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan PT. Kalbe Farma, Tbk periode 2011 hingga 2021. Penelitian ini menggunakan 3 analisis diantaranya: analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik dan juga analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio berpengaruh secara parsial terhadap Return On Equity ditunjukkan dengan thitung > ttabel (4,735 > 2,262). Total Asset Turnover berpengaruh secara parsial terhadap Return On Equity ditunjukkan dengan dengan thitung > ttabel (7,611 > 2,262). Dan kemudian secara simultan Current Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh terhadap Return On Equity ditunjukkan dengan dengan fhitung > ftabel (33,089 > 4,459). Nilai koefisien determinasi sebesar 89,2% dan sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Total Asset Turnover (TATO); Return On Equity (ROE)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Salma Azzahra
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:28
Last Modified: 30 Dec 2022 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62619

Actions (login required)

View Item View Item