Pembulatan nominal harga bahan bakar minyak pada pertamini di Desa Laksana Kabupaten Bandung ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah

Imanulloh, Muhammad Fajar (2022) Pembulatan nominal harga bahan bakar minyak pada pertamini di Desa Laksana Kabupaten Bandung ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya ketidakjujuran penjual bahan bakar minyak di Pertamini ketika pembeli melakukan pengisian bensin penuh (full tank) dengan melakukan pembulatan harga secara sepihak. Hal yang sudah umum terjadi di lingkungan masyarakat ini bertentangan dengan penjelasan dalam Al-Qur’an, hadist, beberapa tafsir ulama, dan bahkan UU Perlindungan konsumen BAB IV Pasal 8 Ayat 1 dimana disebutkan bahwa dalam jual-beli tidak diperbolehkan untuk melakukan kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktik pembulatan nominal harga bahan bakar minyak pertamini di Desa Laksana Kabupaten Bandung serta untuk mengetahui pelaksanaan praktik tersebut jika ditinjau berdasarkan hukum ekonomi syariah. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini karna adanya ketidaksesuaian antara harga yang tertera di monitor mesin pertamini dengan nominal harga yang harus dibayarkan dalam praktek pembulatan harga jual beli bensin di pertamini sehinngga ada pihak yang merasa dirugikan karna dinilai tidak sesuai dengan tuntutan syariah sebagaimana terdapan pada penjelasan QS. An-nisa ayat 29 dan QS. Al-Mutaffifin ayat 1-3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan atau literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembulatan harga dalam pembelian bahan bakar bensin di Pertamini telah umum dilakukan oleh penjual dan hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah bagi pembeli karena pembulatan harga yang dilakukan umumnya tidak besar. Namun walaupun demikian, berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah dalam praktik jual beli harus ada transparansi dan kejelasan dalam berakad yang berlandaskan pada antaradin (kerelaan para pihak). Hal tersebut dapat menjadikan akad jual beli menjadi cacat (fassid) karena adanya rukun dan syarat jual beli yang tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembulatan harga; pertamini; hukum ekonomi syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: muhammad fajar imanulloh
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:54
Last Modified: 30 Dec 2022 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62617

Actions (login required)

View Item View Item