Model pemberdayaan ekonomi kreatif budidaya burung puyuh: penelitian tentang pemberdayaan ekonomi kreatif di Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Kusumah, Cempaka Bella (2022) Model pemberdayaan ekonomi kreatif budidaya burung puyuh: penelitian tentang pemberdayaan ekonomi kreatif di Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari lemahnya kesadaran dan kurangnya minat masyarakat mengenai program ekonomi kreatif yang berdampak kepada kehidupan keseharian masyarakat tersebut. Dengan permasalahan tersebut, adanya ekonomi kreatif budidaya burung puyuh ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, memberikan peluang pekerjaan, dan mengingkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang program ekonomi kreatif budidaya burung puyuh di kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung, proses program ekonomi kreatif budidaya burung puyuh di kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung, dan manfaat yang dirasakan masyarakat setelah adanya program ekonomi kreatif budidaya burung puyuh di kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori model pemberdayaan dari Jim Ife. Pada Teori dijelaskan pengertian pemberdayaan adalah memberikan sumber daya, kesempatan, pengetahuan, dan keterampilan kepada warga untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menentukan masa depan-nya sendiri dan berpartisipasi dalam mempengaruhi kehidupan dari masyarakatnya. Dan dalam teori ini pun dijelaskan strategi pemberdayaannya yaitu Pertama, Perencanaan dan kebijakan (policy and planning). Kedua, Aksi sosial (sosial action). Ketiga, Peningkatan kesadaran. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskipsikan suatu kejadian, gejala, serta peristiwa yang sedang terjadi saat sekarang. Pada penelitian deskriptif ini berkaitan dengan penggambaran kondisi di lapangan mengenai model pemberdayaan ekonomi kreatif budidaya burung puyuh serta menggali informasi melalui informan dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah dibuat. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer diambil melalui wawancara secara langsung dengan infroman, sedangkan data sekunder merupakan data pendukung penelitian serta didapat melalui catatan yang terdapat di Instansi Kelurahan Pasirbiru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ekonomi kreatif budidaya burung puyuh ini dilatarbelakangi keinginan penggagas untuk mengubah kotoran burung yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat, dalam proses pengelolaannya pun melalui beberapa tahapan, seperti biogas melalui fermentasi sedangkan pupuk melalui pencampuran sekam dan penjemuran. Selain itu, terdapat manfaat bagi masyarakat, alasannya bahwa ada peningkatan secara ekonomi masyarakat dan memberikan peluang pekerjaan kepada masyarakat di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi kreatif
Subjects: Culture and Institutions
Econmics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Cempaka Bella Kusumah
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:07
Last Modified: 30 Dec 2022 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62603

Actions (login required)

View Item View Item