Keaktifan belajar siswa melalui penerapan metode diskusi dan Inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak

Putri, Alfirda Eka (2022) Keaktifan belajar siswa melalui penerapan metode diskusi dan Inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya siswa dalam keaktifan belajar,Hal yang demikian biasanya pendidik memberikan metode pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan dan menjadi pasif karna kurang tepat dalam pemilihan metode,sehingga keaktifan belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak menjadi rendah. maka pendidik menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi dan Inkuiri pada kelas yang berbeda. Adanya perbaikan sebuah metode pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan baik, serta semangat yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak sehingga suasana di dalam kelas tidak lagi membosankan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti metode diskusi dan inkuiri untuk diterapkan ke kelas VIII MTs Amal Sholeh Sukamaju. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Keaktifan belajar siswa melalui penerapan metode diskusi pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Amal Sholeh Sukamaju, 2) Keaktifan belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Amal sholeh Sukamaju, 3) Sebagai Perbedaan keaktifan belajar siswa antara penerapan metode diskusi dan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Amal Sholeh Sukamaju. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil keaktifan belajar siswa dapat meningkat diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran siswa berfikir kritis dan logis dalam menemukan isi atau makna dari materi yang diajarkan. Dengan demikian, metode diskusi dan inkuiri terasa tepat untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Komparasi demgan sampel penelitian yang terdiri 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket,observasi,dokumentasi. Teknis analaisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas data, Uji Hipotesis atau Uji T, Uji signifikansi. Berdasarkan hasil perhitungan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode diskuis dan metode inkuiri dapat diperoleh nilai Pvalue untuk Levane’s Test tersebut lebih kecil dari α = 0,05, maka varians kedua data homogen. Karena hasil uji Levane’s Test menyatakan kedua variansi homogen, maka nilai Thitung yang digunakan adalah berdasarkan pada uji-t dibaris ttabel dengan Pvalue sebesar 0,05 Nilai Pvalue yang diperoleh lebih besar dari α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan rata-rata keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan mengunakan metode diskusi dengan nilai 1,69 / 0,05% dan terdapat keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metde inkuiri dengan nilai 1,682 / 0,04% pada siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Amal Sholeh Sukamaju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Diskusi; Inkuiri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfirda Eka Putri
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:54
Last Modified: 29 Dec 2022 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62597

Actions (login required)

View Item View Item