Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan sanitasi lingkungan melalui PELIKA: Studi deskriptif di Sukamaju Kecamatan Cibenying Kidul Kota Bandung

Suryaditia, Rizki (2022) Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan sanitasi lingkungan melalui PELIKA: Studi deskriptif di Sukamaju Kecamatan Cibenying Kidul Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan terkait kondisi sanitasi lingkungan yang kurang baik, disebabkan karena kebiasan-kebiasan masyarakat yang kurang dapat menjaga lingkungan dan kebiasaan membuang limbah sampah, rumah tangga, bahkan kotorang ke sungai. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran dari LPM untuk meningkatkan kesadaran sanitasi lingkungan, pelaksaan program PELIKA oleh LPM, dan faktor pendukung/penghambat pe pelaksanaan program PELIKA oleh LPM di Kelurahan Sukamaju. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Ahmad dan Taylor (2009) mengenai peran perilaku organisasi, dalam mempengaruhi harapan indibidu dengan perilaku tersebut. Teori kesadaran Hasibuan (2012:193) merupakan sikap seseorang secara sukarela dalam menaagi peraturan, tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode daskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peran LPM Desa Sukamaju memiliki beberapa peran yaitu: a) peran fasilitator; b) peran pendamping; c) peran motivator. Pelaksanaan program pemberdayaan PELIKA oleh LPM yaitu: a) tahap penyadaran; b) tahap pengkapasitasan; dan c) tahap pendayaan. Faktor yang menjadi penghampat progran PELIKA ialah tingkat kesadaran, pola pikir dan tingkat partisipasi rendah, Adapun faktor pendukungnya ialah sarana dan prasarana yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi Lingkungan; LPM; PELIKA;
Subjects: Causation
Sociology and Anthropology, Society
Social Welfare, Problems and Services
Housekeeping, Household Sanitation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizki Suryaditia
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:59
Last Modified: 30 Dec 2022 08:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62591

Actions (login required)

View Item View Item