Pengaruh intensitas dzikir Al-Matsurat Hasan Al-Banna terhadap ketenangan batin anggota Qudwah Community

Nagil, Yulia (2022) Pengaruh intensitas dzikir Al-Matsurat Hasan Al-Banna terhadap ketenangan batin anggota Qudwah Community. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan pada anggota Qudwah Community yang memiliki segudang kesibukan baik itu target menghafal Al-Quran, aktivitas akademik maupun organisasi. Salah satu amalan harian anggotanya ditengah aktivitas-aktivitas yang dilakukan yakni pembiasaan dzikir Al-Matsurat Hasan Al-Banna. Maka dari itu Qudwah Community melakukan pembiasaan dzikir Al-Matsurat Hasan Al-Banna yang rutin dilantunkan pada pagi dan petang hari sebagai upaya meningkatkan spiritual dan ketenangan batin para anggotanya. Seorang muslim diperintahkan untuk berdzikir kepada Allah SWT pada setiap waktu dengan hati, lisan, dan anggota badannya, karena dzikir merupakan obat kegersangan hati yang dapat membuat hati menjadi tentram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dzikir Al-Ma’tsurat pagi dan petang Hasan Al-Banna yang dilakukan oleh anggota Qudwah Community dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas dzikir Al-Ma’tsurat pagi dan petang Hasan Al-Banna terhadap ketenangan batin anggota Qudwah Community. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memperkaya kajian tentang dzikir dan ketenangan batin. Intensitas adalah suatu tingkatan kesungguhan seseorang yang memberikan pengaruh terhadap perilakunya dalam melakukan suatu hal atau kegiatan secara terus menerus dalam periode tertentu. Sedangkan ketenangan batin adalah keyakinan dan ketenangan yang didapatkan karena keyakinannya kepada Allah, di mana hati merasakan kedamaian, ketenteraman, dan keyakinan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian berupa 36 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur sampel berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Variabel X berjumlah 12 item dan variabel Y berjumlah 10 item yang sudah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Adapun pengujian pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi R2 (R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas dzikir Al-Matsurat Hasan Al-Banna berpengaruh signifikan terhadap ketenangan batin dengan thitung = 2.487 dan ∝= 0.05. Hasilnya adalah thitung > ttabel yaitu 2.487 > 1.691. Adapun persentase besaran pengaruh dari intensitas dzikir Al-Matsurat Hasan Al-Banna terhadap Ketenangan Batin dapat dilihat dari R2 sebesar 0.898 menggunakan rumus koefisien determinasi yaitu besaran persentasi pengaruhnya adalah sebesar 89,8% dan persentase lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Ketenangan Batin
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yulia Nagil
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:32
Last Modified: 29 Dec 2022 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62564

Actions (login required)

View Item View Item