Praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem bal-balan dintinjau dari Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di Pasar Cimol Gedebage Bandung

Arista, Dita Nirvana (2022) Praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem bal-balan dintinjau dari Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di Pasar Cimol Gedebage Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (953kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli merupakan perjanjian tukar menukar antara barang dengan barang atau uang dengan barang. Sah atau tidaknya jual beli bergantung pada terpenuhinya syarat dan rukun akad jual beli. Sebagaimana yang ditemukan dalam praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem bal-balan secara fisik objek tersebut tidak dapat diketahui kualitas dan kuantitas dalam objek tersebut, sehingga mendorong adanya spekulasi pada objek atau pakaian bekas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses jual beli pakaian bekas dengan sistem bal-balan di Pasar Cimol Gedebage. Serta untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli pakaian bekas dengan sistem bal-balan di Pasar Cimol Gedebage Bandung. Kerangka berpikir yang dituangkan dalam penelitian ini adalah pembahasan mengenai jual beli pakaian bekas dengan sistem bal-balan. Prinsip dari muamalah bahwa akad muamalah itu harus terhindar dari unsur gharar dan unsur lain yang diharamkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari dua bagian yakni sumber data primer yang diambil diperoleh dengan wawancara dan sumber data sekunder yang hasil nya diperoleh dari buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data dan menyajikannya dalam bentuk catatan hasil wawancara sehingga dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Jual beli baju bekas dengan sistem bal-balan di Pasar Cimol Gedebage dapat dilakukan melalui media sosial maupun secara langsung yang harganya ditetapkan berdasarkan jenis kode di atas karang bal-balan. (2) Dalam tinjauan hukum ekonomi syariah, praktir bal-balan diklasifikasikan dalam jual beli juzaf. Dalam praktiknya, jual beli bal-balan terindikasi terdapat unsur gharar karena terdapat adanya ketidakjelasan yang minimum terhadap barang, kualitas barang, dan kuantitas barang yang dijual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Pakaian Bekas; Gharar
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Dita Nirvana Arista
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:04
Last Modified: 29 Dec 2022 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62563

Actions (login required)

View Item View Item