Tugas dan fungsi kepolisian berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kota Jambi ditinjau dari perspektif Siyasah Dusturiyah

Indrani, Sri (2022) Tugas dan fungsi kepolisian berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kota Jambi ditinjau dari perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1-1.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Sri Indrani, 1183030075, 2022. Tugas Dan Fungsi Kepolisian Bedasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Di Kota Jambi Ditinjau Dari Perspektif Siyasah Dusturiyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya gangguan keamanan dan dengan ketertiban yang terjadi di Kota Jambi. Hal tersebut dapat dilihat dengan munculnya berbagai permasalahan hukum yang seharusnya menjadi tugas pihak kepolisian untuk mengatasi hal tersebut. Untuk menciptakan, menjaga dan melindungi masyarakat Indonesia dari segala bentuk ketidakamanan dan ketidaktertiban adalah tugas Kepolisian Republik Indonesia atau Polisi Resor (Polres). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui agaimana Kinerja Kepolisian Negara Republik Indonesia Dalam Mengayomi, Memelihara, Melayani Masyarakat dan Menegakkan Hukum Di Kota Jambi . (2) mengetahui bagaimana Hasil Yang Dicapai Oleh Kinerja Kepolisia Di Kota Jambi Dalam Melaksanakan Tugas Dan Fungsinya Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Di Kota Jambi (3) mengetahui bagaimana Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Kinerja Kepolisian Berdasarkan Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2002 Di Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelaksanaan, teori perangkat negara, teori penegakan hukum, dan teori kemaslahatan siyasah dusturiyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris dan jenisnya kualitatif. Sumber data yang digunakan diperoleh dari Polresta Jambi, sedangkan data sekunder diperoleh dari dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, skripsi, dan lain-lain. Hasil penelitian ini bahwa ; pertama, dalam pelaksanaan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002, Polresta Jambi menghadapi berbagai macam persoalan. Masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pencegahan keamanan dan ketertiban masyarakat dimana polisi sangat membutuhkan masuknya laporan dari masyarakat atas adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kedua, keberhasilan yang dicapai Polresta Jambi dalam Pelaksanaan tugas Polri telah mencapai tingkat keberhasilan yang cukup signifikan dengan banyaknya pengungkapan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, kondusifnya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta meningkatnya pelayanan kepolisian kepada masyarakat. Ketiga, konsep Siyasah Dusturiyah dengan pelaksanaan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia sudah sesuai dengan prinsip siyasah dusturiyah, yaitu sama-sama memiliki tujuan memelihara keamanan dan ketertiban untuk mencapai kemaslahatan umat atau masyarakat. Maka dari itu kesesuaian negara dan rakyat memiliki tugas dan fungsi yang sama yaitu memelihara keamanan dan ketertiban negara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Undang-Undang; Polisi; Keamanan; Ketertiban; Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Culture and Institutions > Police Institutions
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Sri Indrani
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:54
Last Modified: 29 Dec 2022 02:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62549

Actions (login required)

View Item View Item