Pengaruh bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin : Penelitian di Sekolah Pranikah Salman ITB

Nawal, Yulian (2022) Pengaruh bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin : Penelitian di Sekolah Pranikah Salman ITB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Menikah tentunya membutuhkan persiapan matang dari segi pengetahuan, spiritual maupun mental sebagai pondasi dalam membina rumah tangga. Sadar akan kebutuhan tersebut, Masjid Salman ITB menggagas program “Sekolah Pranikah”. Melalui program ini, calon pengantin diberikan pembekalan seputar dunia pernikahan. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian di Sekolah Pranikah Salman ITB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin di Sekolah Pranikah Salman ITB. Adapun manfaat penelitian ini yaitu untuk memperkaya kajian tentang bimbingan pranikah dan pengetahuan calon pengantin. Menurut Ahmad Hamdani Syubandono, bimbingan pranikah adalah suatu proses pelayanan sosial (social service) berupa bantuan yang diberikan kepada calon suami dan calon istri sebelum menikah, agar mereka menemukan arti kesejahteraan dan kebahagiaan dalam pernikahan dan kehidupan berkeluarga. Sedangkan menurut Notoatmodjo pengetahuan adalah sebuah hasil tahu pengindraan manusia terhadap suatu obyek tertentu. Proses pengindraan terjadi melalui panca indra manusia, yakni indra penglihatan, pendengaran, penciuman dan peraba melalui kulit. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah cause and effect yaitu hubungan sebab akibat, bila X maka Y. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan teknik purposive propotional random sampling yaitu sebanyak 30 orang calon pengantin dengan kriteria yang mengikuti bimbingan pranikah di Sekolah Pranikah Salman ITB. Alat ukur sampel berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Variabel X berjumlah 29 item dan variabel Y berjumlah 18 item yang sudah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Adapun pengujian pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi R2 (R Square) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan pranikah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin thitung = 10.941 dan ∝= 0.05. Hasilnya adalah thitung > ttabel yaitu 10.941 > 3610. Adapun persentase besaran pengaruh dari bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin dapat dilihat dari R2 sebesar 0,835 menggunakan rumus koefisien determinasi yaitu besaran persentasi pengaruhnya adalah sebesar 83,5% dan persentase lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel X diantaranya adalah usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, minat, pengalaman serta sumber informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah; Pengetahuan; Calon Pengantin
Subjects: Adult Education > Geographic Treatment of Adult Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yulian Nawal
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:43
Last Modified: 29 Dec 2022 01:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62541

Actions (login required)

View Item View Item