Optimalisasi sistem operasional Fundraising dalam upaya meningkatkan penghimpunan ZIS: Studi deskriptif di bidang pengumpulan BAZNAS kabupaten Garut

Fauzi, Rizal Syaban (2022) Optimalisasi sistem operasional Fundraising dalam upaya meningkatkan penghimpunan ZIS: Studi deskriptif di bidang pengumpulan BAZNAS kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Persoalan pengumpulan zakat yang meliputi tidak seimbangnya jumlah dana yang terhimpun dibandingkan dengan kebutuhan umat, adanya pola pandangan terhadap pelaksanaan zakat yang umumnya lebih antusias pada zakat fitrah saja, hingga krisis kepercayaan umat untuk menunaikan zakat melalui lembaga selalu menjadi kendala utama yang sering menghambat optimalisasi sistem operasi fundraising ZIS. Walaupun Ketua BAZNAS Kab. Garut mengatakan bahwa potensi ZIS Kab. Garut cukup tinggi, namun kenyataannya belum optimal. Problem inilah yang perlu dicari solusinya dan dimaksimalkan potensinya. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah bagaimana kebijakan, standar operasional prosedur, dan program operasional fundraising pada optimalisasi sistem operasionl fundraising dalam meningkatkan penghimpunan ZIS di lembaga zakat BAZNAS Garut. Berdasarkan dengan fokus penelitian yang telah dirumuskan, maka tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan, standar operasional prosedur, dan program operasional fundraising pada optimalisasi sistem operasional fundraising ZIS dalam upaya meningkatkan penghimpunan ZIS. Penelitian ini mengacu pada teori pendekatan sistem sosial yang dikemukakan oleh Malayu S.P. Hasibuan yakni seorang manajer akan menyadari bahwa tujuan organisasi atau perusahaan baru akan tercapai jika terbina kerja sama yang harmonis antara sesama karyawan, bawahan dan atasan, serta terjadi interaksi yang baik diantara semua karyawan. Untuk dapat mencapainya, diperlukan suatu proses yang terdiri dari berbagai unsur atau komponen yang satu sama lain berkaitan secara struktural dan fungsional, saling menunjang dan mengisi, sesuai dengan peran, dan kedudukan masing-masing (sistem). Penelitian ini juga memakai pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lalu, dianalisis dengan teknik reduksi, kategorisasi, dan tafsiran data sehingga dapat diverifikasi dan disimpulkan. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan menunjukan bahwa perihal adanya signifikansi dana ZIS selama 5 tahun terakhir (2016-2020) tidak terlepas dari pengambilan kebijakan Ketua BAZNAS Kabupaten Garut sebagai penentu kebijakan yang tertata dan tepat sasaran. Kehadiran SOP dan program operasional sebagai eksekutor dari kebijakan berimplikasi kepada aktivitas operasi fundraising yang lebih terstruktur dan mencapai target peningkatan dana ZIS yang konsisten. Maka, hasil penelitian dengan kegiatan amilin yang terkoordinasi (sistem) menjadi dasar berkembangnya pengelolaan ZIS BAZNAS Garut yang semakin profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem operasional; kebijakan; standar operasional prosedur; program; fundraising; ZIS;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Systems Analysis and Computer Design
Operations, Archieves, Information Centers
General Management > Management of Production
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizal Syaban Fauzi
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:22
Last Modified: 29 Dec 2022 03:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62523

Actions (login required)

View Item View Item