Tinjauan Maqasid Syari’ah terhadap kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah dan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen atas bisnis Thrifting pakaian di Shopee

Sopari, Ahmad Ridwan (2022) Tinjauan Maqasid Syari’ah terhadap kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah dan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen atas bisnis Thrifting pakaian di Shopee. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktik jual beli thrifting pakaian bekas impor yang dilakukan pada situs market place online Shopee yang secara regulasi Shopee telah mengatur apa saja barang yang dilarang dan dibatasi dipasarkan di Shopee yang pada implementasinya masih terdapat penjual yang menjajakannya di Shopee. Adapun tujuan Penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan tiga rumusan masalah diantaranya: 1) Ketentuan dan Implementasi Bisnis Thrifting Pakaian di Aplikasi Shopee. 2) Tinjauan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap Ketentuan dan Implementasi bisnis thrifting Pakaian di Shopee. 3) Ketentuan dan Implementasi Bisnis thrifting Pakaian di Shopee Perspektif Maqasid Syari’ah. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitik melalui pendekatan yuridis empiris dengan ketentuan di Shopee, Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah, dan Undang-undang Perlindungan Konsumen sebagai sumber primernya, kemudian data sekunder, yakni buku-buku, jurnal, dan sumber bacaan terkait dengan masalah jual beli thrifting pakaian. Dari data tersebut dikumpulkan dengan teknik analisis data. Kemudian data yang terkumpul dikomparasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan: 1) Ketentuan di Shopee sudah jelas melarang penjualan pakaian bekas impor. Pada implementasinya masih ada yang memasarkan produk thrifting pakaian bekas impor dengan sistem karungan. 2) Tinjauan UUPK dan KHES terhadap ketentuan dan implementasi bisnis thrifting di Shopee bahwa pasal 8 ayat (2) UUPK melarang perdagangan pakaian bekas, sedangkan KHES tidak mengeluarkan larangan perdagangan pakaian bekas, namun implementasinya jual beli dengan sistem karungan tidak sesuai dengan syarat objek jual beli yang terdapat pada KHES. 3) Maqasid syari’ah meninjau regulasi Shopee sejalan dengan maqasid syari’ah, sedangkan pada implementasinya belum sesuai dengan maqasid syari’ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum bisnis; thrifhting; pakaian bekas; perlindungan konsumen; ekonomi syari'ah; maqasid syari'ah; jual beli.
Subjects: Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Econmics
Law > Comparative Law
Law > Conflict of Law
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Ahmad Ridwan Sopari
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:41
Last Modified: 29 Dec 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62517

Actions (login required)

View Item View Item