Tinjauan terhadap praktek jual beli beras dengan sistem pesanan perspektif hukum ekonomi syariah: Studi pada PD Doa Ibu Rama Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi

Sulaeman, Farid Wajdi (2022) Tinjauan terhadap praktek jual beli beras dengan sistem pesanan perspektif hukum ekonomi syariah: Studi pada PD Doa Ibu Rama Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy

Abstract

PD Doa Ibu Rama merupakan salah satu penyedia beras yang berdiri sejak tahun 1993 sampai sekarang. Salah satu bentuk transaksi yang terjadi pada saat proses jual beli beras di PD Doa Ibu Rama yang terletak di Pasar Cisaat Kabupaten sukabumi tepatnya pada blok kj 11 seperti pada penjualan beras pada umumnya, jika dihitung menurut kalkulasi konsumen yang sering kali bertransaksi di pasar khusus nya pada penjualan beras bisa dihitung cukup ramai sehingga bisa dihitung 60-70% konsumen persetiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli beras serta bagaimana praktik jual beli pemesanan beras di PD Doa Ibu Rama Cisaat. Dalam persfektif Hukum Ekonomi Syariah. Analisis praktik jual beli beras dengan sistem pesanan di PD Doa Ibu Rama dikaitkan dengan ketentuan fatwa DSN- MUI Nomor 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad salam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES). Penelitian ini selaras dengan kerangka pemikiran bahwa dalam suatu transaksi atau akad jual-beli harus berpegang teguh pada prinsip muamalah yakni harus berdasarkan suka sama suka (an taradin) seperti yang di jelaskan dalam Al- Quran Surah Al-baqarah ayat 282 serta tidak boleh mengandung unsur yang diharamkan oleh syara Metode penelitian yang gunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan Bapak Mulki sebagai pemilik PD Doa Ibu Rama Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari berbagai referensi lainnya seperti buku, skripsi, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa,yang digunakan praktik jual beli beras dengan sistem pesanan, pemesanan paket beras yang digunakan PD Doa Ibu Rama memiliki beberapa tahapan, mulai dari tahap pemasaran produk paket beras yang tersedia, macam-macam tipe paket beras, waktu pengiriman yang telah ditentukan antara pemesan dengan pihak PD Doa Ibu Rama pada saat perjanjian berlangsung. Beras yang sudah di kemas kemudian ditimbang sesuai dengan paket beras yang telah dipilih. Setelah pengemasan selesai pihak pemilik usaha pun akan mengirimkan paket beras sesuai dengan tanggal dan tempat pengiriman yang telah disepakati diawal perjanjian. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dalam akad jual beli salam, pemesanan paket beras pada PD Doa Ibu Rama telah sesuai dengan fatwa DSN No.05/DSN-MUI/IV/2000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Salam; Beras;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Farid wajdi Sulaeman
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:27
Last Modified: 28 Dec 2022 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62512

Actions (login required)

View Item View Item