Upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak melalui media Sandpaper Letters : Penelitian tindakan kelas di kelompok B2 RA Al Gozali Kota Bandung

Utami, Sahida Zuriyah Hijjah Dwi Putri Utami (2022) Upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak melalui media Sandpaper Letters : Penelitian tindakan kelas di kelompok B2 RA Al Gozali Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan latar belakang dari hasil studi pendahuluan peneliti yang menunjukkan bahwa terdapat masalah di RA Al Gozali Kota Bandung, yaitu rendahnya kemampuan menulis anak yang dibuktikan dengan kurangnya kemampuan anak dalam menulis huruf abjad. Permasalahan ini juga terjadi karena tuntutan orang tua serta jenjang pendidikan formal setelah TK/RA yang mengharuskan anak untuk memiliki kemampuan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al-Gozali Kota Bandung sebelum diterapkan metode sandpaper letters; 2) penerapan metode sandpaper letters untuk meningkatkan kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al-Gozali Kota Bandung setiap siklus; 3) kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al￾Gozali Kota Bandung setelah diterapkan metode sandpaper letters setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran Maria Montessori bahwa media sandpaper letters atau kartu kertas amplas dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad pada anak. Media sandpaper letters efektif digunakan anak untuk mengenal dan menulis huruf abjad dengan cara meraba huruf yang terdapat pada tiap kartunya, serta melatih kemampuan motorik kasar dan halus anak. Dari asumsi teori ini, maka diajukan hipotesis bahwa media sandpaper letters diduga dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak di kelompok B2 RA Al Gozali Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode ini memuat empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi,dengan subjek penelitian ialah anak kelompok B2 yang berjumlah 11 anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi guru, anak dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan menulis anak kelompok B2 RA Al Gozali Bandung sebelum menerapkan penggunaan media sandpaper letters masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase rata￾rata kemampuan menulis anak kelompok B2 RA Al Gozali termasuk kedalam kategori Mulai Berkembang; 2) proses pembelajaran berlangsung dengan baik pada tiap tindakan persiklusnya. Terlihat dari hasil oservasi kegiatan anak, dilihat dari siklus I rata-rata persentase dari tindakan I dan II adalah 73,34% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat, rata-rata persentase dari tindakan I dan II adalah 100% dengan kriteria baik; 3) Setelah menerapkan penggunaan media sandpaper letters, kemampuan menulis huruf abjad anak di kelas B2 RA Al Gozali Bandung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I persentase hasil observasi rata-rata yang didapatkan sebesar 65,46%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,35% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yang artinya media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Kemampuan Menulis; Huruf Abjad; Sandpaper Letters
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sahida Zuriyah Hijjah Dwi Putri Utami
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:26
Last Modified: 28 Dec 2022 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62497

Actions (login required)

View Item View Item