Penerapan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Tasikmalaya

Aminudin, Alby M Farisy (2022) Penerapan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI tergolong rendah. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba menyelesaikan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan Media Peta Konsep, mengingat Media peta konsep di sekolah tersebut belum digunakan sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Desain peta konsep pada mata pelajaran SKI. (2) Proses penerapan media peta konsep dalam pembelajaran SKI. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTsN 2 Tasikmalaya pada mata pelajaran SKI setelah menggunakan media peta kosep. Berdasarkan teori yang ada bahwa hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan. Pada penelitian ini peneliti menerapkan media pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran SKI yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena dengan penggunaan media peta konsep pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi dan fektifitas pengajaran. Pengajar juga dapat memilih aturan pengajaran berdasarkan kerangka kerja yang hierarki, hal ini mengingat banyak materi pelajaran yang disajikan sebelumnya dalam urutan yang acak. Serta siswa bisa lebih mudah melihat, membaca, dan mengerti makna yang diberikan karena media peta konsep adalah alat belajar yang tidak menimbulkan efek verbal bagi siswa melaikan efek visual yang mana akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dari siswa. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Kuasi Eksperimen. Responden 30 orang siswa Kelas VIII MTsN 2 Tasikmalaya. Alat pengumpul datanya adalah, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Desain pembuatannya adalah menentukan topik yang akan dimuat dan bahan bacaan yang sesuai; Menentukan Main Idea yang akan disajikan dalam bagan peta konsep; Menyusun konsep-konsep yang ada mulai dari yang inklusif ke yang kurang unklusif; Terakhir menentukan kata penghubung antar konsep yang terdapat dalam bagan peta konsep. (2) Penerapan media peta konsep dalam pembelajaran SKI di kelas VIII MTsN 2 Tasikmalaya dengan materi Sejarah Beridirinya Dinasti Abbasiyah terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi 2 kali pertemuan didapatkan skor 63%. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media peta konsep dalam pembelajaran SKI di kelas VIII MTsN 2 Tasikmalaya, dengan interpretasi peningkatannya rendah. Berdasarkan dengan hasil n-gain sebesar 0,29.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media peta konsep; Hasil belajar kognitif; Mata pelajaran sejarah kebudayaan islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alby M Farisy
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:17
Last Modified: 29 Dec 2022 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62493

Actions (login required)

View Item View Item