Pengaruh metode Collaborative Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian quasi eksperimen di kelas V SDN 1 Suci Garut

Husaini, Muhammad Farhan (2022) Pengaruh metode Collaborative Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian quasi eksperimen di kelas V SDN 1 Suci Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa hasil belajar kognitif sebagian siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti masih rendah dan rata-rata masih dibawah KKM. rendahnya hasil belajar tersebut diduga karena siswa kurang antusias disebabkan guru belum menggunakan metode yang dipandang tepat. Untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa maka perlu digunakan metode baru yang lebih tepat. Pada kesempatan ini peneliti akan menerapkan metode baru yaitu metode collaborative learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 1 Suci Garut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mengetahui penerapan metode collaborative learning pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. 2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan metode collaborative learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas V SDN 1 Suci Garut. 3) Mengetahui pengaruh penerapan metode collaborative learning pada hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 1 Suci Garut. Penelitian ini berangkat dari pemikiran peneliti, bahwa metode collaborative learning dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar. Metode collaborative learning sebagai metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, dalam artian siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Maka Ha dalam penelitian ini ialah Penerapan metode collaborative learning diduga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan perhitungan statistika dan logika. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan V-B sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Penerapan metode Collaborative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SDN 1 Suci Garut berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan antusias siswa dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran menggunakan metode Collaborative Learning sehingga materi mampu dipahami dengan baik oleh para siswa. 2) Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan diterapkan metode Collaborative Learning di kelas V SDN 1 Suci Garut memiliki nilai rata-rata pretest 65.63 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 60.00. Rata-rata skor posttest hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 85.94 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 77.65. 3) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas V SDN 1 Suci Garut berdasarkan hasil Uji-T pada hasil posttest dengan memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Metode Collaborative Learning; Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: Education
Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Farhan Husaini M
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:01
Last Modified: 28 Dec 2022 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62448

Actions (login required)

View Item View Item