Bimbingan konseling melalui teknik Self Management untuk membantu kematangan karir siswa di masa pembelajaran jarak jauh : Penelitian di MAN 2 Kota Bandung

Nurpadilah, Lela Siti (2022) Bimbingan konseling melalui teknik Self Management untuk membantu kematangan karir siswa di masa pembelajaran jarak jauh : Penelitian di MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perpindahan sistem belajar menjadi jarak jauh setelah adanya covid 19 sehingga hal itu berdampak pada kematangan karir siswa. Kurangnya persiapan untuk merencanakan karir membuat siswa bingung untuk menentukan karir lanjutan, bahkan tidak ada motivasi untuk mengejar cita-cita. Habit buruk yang terbentuk selama pandemi seperti kurang disiplin, kurang bertanggung jawab dalam belajar berdampak pada ketidakmampuan siswa dalam mengatur diri sehingga siswa tidak mempunyai goal tertentu yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Salah satu teknik yang digunakan untuk membantu kematangan karir siswa yaitu dengan teknik self management, maka penulis tertarik untuk mengkaji penggunaan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa. Bertolak pada teori bahwa self management itu bertujuan untuk mendorong diri sendiri untuk maju, mengatur semua unsur kemampuan pribadi, mengendalikan kemampuan untuk mencapai hal-hal yang baik, dan meningkatkan berbagai segi dari kehidupan pribadi agar lebih sempurna dan hal itu memberi arah pada individu untuk mengambil keputusan dan menentukan pilihannya serta menetapkan cara- cara yang efektif dalam mencapai tujuan yang dalam hal ini mengenai karir masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan program bimbingan konseling melalui teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa di masa pembelajaran jarak jauh, proses pelaksanaan bimbingan konseling melalui teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa di masa pembelajaran jarak jauh dan hasil pelaksanaan bimbingan konseling melalui teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa di masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penyelenggaraan bimbingan konseling di MAN 2 Kota Bandung sebagai layanan yang profesional memfasilitasi siswa dengan pengadaan program-program yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam meningkatkan kematangan karir. Proses bimbingan konseling melalui teknik self management terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap monitor, tahap evaluasi dan tahap pemberian penguatan. Kegiatan bimbingan konseling melalui teknik self management dapat membantu kematangan karir siswa terbukti dengan meningkatnya kesadaran serta motivasi siswa akan pentingnya karir, kematangan siswa dalam bertindak serta memutuskan karir, semangat siswa dalam belajar, berlatih, mengikuti bimbel sebagai ikhtiar untuk mencapai karir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling; Self Management; Kematangan Karir
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lela Siti Nurpadilah
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:07
Last Modified: 28 Dec 2022 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62444

Actions (login required)

View Item View Item