Strategi pengelolaan akun Instagram sebagai sarana penyebaran informasi pemerintah di Kabupaten Indramayu : Studi kasus pada akun Instagram @Diskominfoindramayu periode April-Juli 2022

Fantastica, Jessica (2022) Strategi pengelolaan akun Instagram sebagai sarana penyebaran informasi pemerintah di Kabupaten Indramayu : Studi kasus pada akun Instagram @Diskominfoindramayu periode April-Juli 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Di era serba digital saat ini setiap orang aktif menggunakan internet. Internet menjadikan salah satu kebutuhan primer dalam masyarakat, mulai dari berbelanja kebutuhan primer maupun sekunder, serta berinteraksi dengan orang-orang sekitar melalui media sosial, . Internet juga dibutuhkan masyarakat untuk memperoleh informasi banyak informasi dengan mudah dari berbagai penjuru daerah bahkan dunia, dengan menggunakan internet masyarakat semakin mudah memperoleh informasi. Diskomifo Indramayu merupakan salah satu lembaga pemerintahan daerah yang mulai menggunakan media sosial yang banyak diminati masyarakat, seiring berjalannya waktu orang-orang lebih sering mengakses infromasi melalui platform yang sering mereka gunakan seperti Instagram. Berdasarkan pengamatan yang telah peneliti lakukan, seperti Instagram yang menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengelolaan media pemerintah dalam upaya penyebaran informasi kepada masyarakat dengan cara memanfaatkan aplikasi Instagram, studi analisis deskriptif ini dilakukan pada akun Instagram Diskominfo Indramayu. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui dari mana Diskominfo memperoleh informasi untuk akun Instagramnya; kedua untuk mengetahui bagaimana diskominfo mengelolah informasi untuk akun Instagram; dan ketiga adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Diskominfo Indramayu dalam penyebaran informasi di akun Instagram. Penelitian ini menggunakan POAC dari George R Terry yaitu planning, organizing, actuating, and controlling, Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Paradigma konstruktivis memiliki tujuan untuk memahami apa yang menjadi konstruksi suatu realita. Hasil penelitian menyatakan sebagai berikut, pertama Diskominfo Indramayu memperoleh informasi dengan cara terjun langsung ke lapangan, dengan dibagi ke beberapa tim liputan, kedua data yang sudah diperoleh pada tahap peliputan kemudian akan diolah menjadi sebuah informasi atau berita tulis oleh penulis tim naskah berita, lalu berita itu diedit oleh bidang-bidang terkait untuk kemudian dibuat menjadi konten Instagram, ketiga Diskominfo Indramayu mengemas informasi dalam bentuk konten berupa berita Instagram, infografis, reels/video, dan jenis konten lainnya. Data yang sudah melalui tahap editing dan pengoreksian akan dipublikasikan melalui akun Instagram Diskominfo Indramayu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberitaan; Pengelolaan Instagram; Penyebaran Informasi;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Jessica Fantastica
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:35
Last Modified: 28 Dec 2022 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62435

Actions (login required)

View Item View Item