Pesan toleransi dalam media Youtube : Analisis isi pesan dakwah Habib Husein Ja'far Al-Hadar dalam channel Youtube Jeda Nulis

Putri, Sinar Rahayu (2022) Pesan toleransi dalam media Youtube : Analisis isi pesan dakwah Habib Husein Ja'far Al-Hadar dalam channel Youtube Jeda Nulis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Pesan toleransi adalah pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dalam bentuk pesan verbal maupun non verbal tentang sikap menghargai kepercayaan dan perbuatan orang lain yang bertujuan mewujudkan perdamaian dan rasa tentram dalam masyarakat. Jeda Nulis adalah salah satu channel Youtube yang dibuat oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar sebagai media berdakwah dikalangan generasi muda. Toleransi dan cinta adalah pondasi utama Habib Husein dalam berdakwah, sebab menurutnya Islam adalah agama yang penuh cinta dan perdamaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategorisasi pesan toleransi pada konten video channel Youtube Jeda Nulis, mengetahui karakteristik pesan toleransi pada konten video channel Youtube Jeda Nulis, serta mengetahui imbauan pesan toleransi pada konten video channel Youtube Jeda Nulis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pesan menurut Mulyana, yang mengungkapkan bahwa pesan adalah seperangkat simbol verbal atau non verbal yang mewakili perasaan, nilai gagasan atau maksud dari sumber yang bertujuan untuk menyampaikan apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi ini dimaksudkan untuk membedakan dan melihat pesan-pesan yang terkandung dalam sebuah konten kemudian menarik kesimpulan secara sistematis dan objektif dengan cara mendefinisikan karakteristik khusus suatu pesan. Berdasar hasil penelitian diketahui bahwa: Pertama, channel Youtube Jeda Nulis terinspirasi dari konsep Piagam Madinah yang menauingi siapa saja yang ingin hidup damai berdampingan tanpa membedakan siapapun, konsep ini sesuai dengan kehidupan masyarakat di Indonesia yang berbeda suku, agama, dan ras tapi hidup berdampingan dalam satu negara, toleransi beragama adalah kategorisasi yang paling sering muncul dalam konten video Jeda Nulis, diskusi lintas agama sering dilakukan oleh Habib Husein bersama dengan rekan-rekannya yang tidak hanya beragama Islam tetapi juga beragama Kristen, Budha, Konghucu dan lain sebagainya. Kedua, perdamaian, cinta, dan toleransi adalah karakteristik utama dakwah Habib Husein sebab hakikat cinta kasih di dalam diri setiap orang menunggu untuk dikembangkan menjadi kebaikan yang bermanfaat. Perdamaian akan hadir apabila semua orang mampu menerapkan sikap toleransi dan menghargai terhadap sesama manusia. Ketiga, setiap pesan dakwah yang disampaikan oleh Habib Husein menggunakan berbagai imbauan yang berupa rasional, motivasional, dan emosional. Sebab sebuah pesan akan dengan mudah diterima jika pesan tersebut mudah dipahami dengan menggunakan logis yang tepat, dapat menyentuh emosional penerima dan dapat memberikan dorongan agar merealisasikan pesan-pesan dakwah yang diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Toleransi; Media; Youtube; Habib Husein; Jeda Nulis
Subjects: Communities > Community Sociology
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sinar Rahayu Putri
Date Deposited: 27 Dec 2022 00:58
Last Modified: 27 Dec 2022 00:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62351

Actions (login required)

View Item View Item