Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Global pada siswa kelas 2 SDN Sapan 3 Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Putri, Melly Apriliani (2022) Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Global pada siswa kelas 2 SDN Sapan 3 Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar ISi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5 _Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAb 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAb 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang telah ditemukan dari hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran pada saat siswa membaca. Bahwa kemampuan menulis permulaan siswa belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70 dan termasuk kedalam kategori kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan menulis permulaan siswa sebelum menggunakan metode global. 2) Proses penerapan metode global pada setiap siklus. 3) Hasil kemampuan menulis permulaan siswa setelah menggunakan metode global pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mana setiap siklusnya terdapat dua tindakan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sapan 3 yang berjumlah 20 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Sapan 3 sebelum diberi tindakan dapat dikategorikan “Kurang” dengan nilai rata-rata 50,4. Penerapan metode global pada membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Sapan 3 untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan berjalan dengan sangat baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Terlihat pada aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya meningkat. Kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode global meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I tindakan pertama mengalami peningkatan menjadi 60,75 pada tindakan kedua yaitu meningkat menjadi 70,9. Pada siklus II tindakan pertama yaitu dengan nilai rata-rata 78,65 dan pada siklus II tindakan dua meningkat menjadi 89,75. Pada siklus III tindakan I mendapatkan nilai rata-rata 1905 dan tindakan kedua yaitu 97,25 dengan rata-rata presentase 97%. Setelah seluruh siklus dilaksanakan, dilakukan tes akhir kepada siswa kelas 2 SDN Sapan 3 memperoleh nilai meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemamluan Membaca; Membaca Permulaan; Metode Global
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Melly Apriliani Putri
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:45
Last Modified: 27 Dec 2022 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62345

Actions (login required)

View Item View Item