Minat baca mahasiswa pada pemberitaan media online : Studi pada mahasiswa anggota LPM Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Firdaus, Muhammad Ikhsan (2022) Minat baca mahasiswa pada pemberitaan media online : Studi pada mahasiswa anggota LPM Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Minat baca bukan sesuatu yang lahir begitu saja terhadap diri seseorang, namun minat baca lahir karena ada dorongan atau tuntutan dari faktor internal atau eksternal. Seiring dengan berkembangnya zaman, pola pikir manusia sekarang semakin maju dan modern baik dari sisi teknologi maupun komunikasi. Hal ini juga berlaku didunia jurnalistik atau media (pers). Perubahan zaman dan semakin meningkatnya teknologi menyebabkan berbagai kalangan memilih segala sesuatu praktis. Mahasiswa saat ini dalam mengambil informasi yang di butuhkan sering hanya mengandalkan media online, Mereka cenderung hanya ingin mengakses apapun yang mereka inginkan melalui media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat baca mahasiswa anggota LPM Suaka pada pemberitaan media online, tentang bagaimana perhatian, kesenangan, kemauan dalam membaca pada media online. Pada penelitian ini mengunakan teori dari Sudarsana (2014) dalam jurnal pembinaan minat baca modul 1, mengungkapkan bahwa Seseorang dikatakan berminat terhadap sesuatu apabila individu itu memiliki unsur perhatian, kesenangan dan kemauan. Dengan diurainya unsur-unsur tersebut, peneliti dapat mengetahui minat timbul dari tuntutan internal atau eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pada metode ini peneliti dapat memaparkan kejadian yang ada dilapangan untuk lebih menggali serta mengklarifikasi fenomena yang akan diteliti dengan cara mendekripsikan sejumlah variable yang berkaitan dengan masalah serta unit yang akan diteliti. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: Minat baca mahasiswa anggota LPM Suaka pada pemberitaan media online cenderung timbul dari faktor eksternal, hal ini di karenakan rasa tanggung jawab, dan tuntuan pada LPM Suaka, untuk memenuhi tugas sebagai jurnalis kampus. Adapun rasa keinginan dari internal hanya sekedar membaca apa yang disukai saja, tidak menyeluruh dan mendalam terhadap pemberitaan pada media online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca; Media Online; LPM Suaka;
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Ikhsan Firdaus
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:56
Last Modified: 27 Dec 2022 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62342

Actions (login required)

View Item View Item