Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Astra Agro Lestari tbk Periode 2012-2021

Rivaldi, Noval (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Astra Agro Lestari tbk Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan dunia ekonomi pada era globalisasi yang menjadi tantangan bagi perusahaan dalam menyusun strategi agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup di dunia usaha secara efektif dan efisien. Tujuan utama didirikannya perusahaan yaitu untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit). Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan mencari perolehan dana dari aktivitas investasi para investor melalui pasar modal. Salah satu informasi yang cukup terdapat dipasar modal yaitu melalui laporan keuangan dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Perusahaan dalam meningkatkan laba dapat dilihat melalui tingkat profitabilitas. semakin tinggi profitabilitas menggambarkan semakin baik kemampuan perusahaan memperoleh keuntungan. Pada penelitian ini tingkat profitabilitas perusahaan dapat diukur menggunakan rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh CR secara parsial terhadap ROA pada PT. Astra Agro Lestari Tbk, 2) Pengaruh DAR secara parsial terhadap ROA pada PT. Astra Agro Lestari Tbk, 3) Pengaruh CR dan DAR secara simultan terhadap ROA pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. Kerangka pemikiran yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa CR dan DAR berpengaruh negatif terhadap ROA atau berbanding terbalik. Artinya apabila CR dan DAR mengalami kenaikan maka ROA mengalami penurunan. Begitupun sebaliknya, apabila CR dan DAR mengalami penurunan maka ROA akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasi PT. Astra Agro Lestari, Tbk periode 2012-2021. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, korelasi Pearson Product Moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa: 1) secara parsial CR berpengaruh signifikan terhadap ROA yang ditujukan dengan nilai thitung < ttabel (-2,667 < 2,306) dan nilai koefisien determinasi sebesar 47,1%, 2) secara parsial DAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA yang ditujukan dengan nilai thitung > ttabel (-0,892 > -2,306) dan nilai koefisien determinasi sebesar 9,1%, 3) secara simultan CR dan DAR berpengaruh signifikan terhadap ROA yang ditujukan dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,319 > 4,74) nilai koefisien determinasi sebesar 70,4% pada PT. Astra Agro Lestari Tbk, Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Current Ratio; Debt to Asset Ratio; dan Return on Asset
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Noval Rivaldi
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:28
Last Modified: 27 Dec 2022 02:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62339

Actions (login required)

View Item View Item