Dampak covid-19 terhadap pemenuhan hak dan kewajiban dalam keluarga Muslim di Desa Malausma, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka

Budiana, Dede (2022) Dampak covid-19 terhadap pemenuhan hak dan kewajiban dalam keluarga Muslim di Desa Malausma, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TEXT)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy

Abstract

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus secara resmi mengumumkan virus Corona (COVID-19) sebagai pandemi, Pandemi terjadi jika suatu penyakit menular tersebar dengan mudah dari manusia ke manusia di berbagai tempat di seluruh dunia. Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan manusia, baik dalam aspek kesehatan, sosial ekonomi dan psikologis manusia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemenuhan hak dan kewajiban dalam keluarga muslim pada masa covid-19 di Desa Malausma, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, dan mengetahui Tinjauan Hukum Islam mengenai pemenuhan hak dan kewajiban dalam keluarga muslim pada era covid-19 di Desa Malausma, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan teori perubahan hukum kaitannya dengan dampak covid-19 terhadap pemenuhan hak dan kewajiban dalam keluarga muslim. Teori ini menjelaskan perubahan sosial harus beriringan dengan kaidah hukum dan kaidah hukum harus menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan metode kualitatif, yang mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari wawancara dan observasi pada masyarakat Desa Malausma Kec.Malausma Kab. Majalengka dan data sekunder di peroleh dari dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, Dampak Covid-19 terhadap Pemenuhan Hak dan Kewajiban dalam Keluarga Muslim di Desa Malausma Kec. Malausma Kab. Majalengka: Pertama, Covid-19 berdampak terhadap aspek kesehatan dinyatakan dengan positif Covid-19 dan meninggal dunia akibat terpapar covid-19. Kedua, berdampak terhadap sosial ekonomi yang mengalami penurunan pertumbuhan perekonomian dengan terjadinya pemutusan hubungan pekerjaan (PHK), beberapa sektor-sektor pekerjaan yang mengalami presentase pendapatan/upah yang menurun. Ketiga, berdampak terhadap psikologis keluarga di Desa Malausma dengan kondisi mental yang merasa cemas, khawatir dan takut tertular virus covid-19 yang menjadi suatu ancaman dan bahaya sehingga membuat sistem imun tubuh menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hak dan Kewajiban; Covid-19; Hukum Keluarga
Subjects: Social Process
Law
Law > Conflict of Law
Physiology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Dede Budiana
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:59
Last Modified: 26 Dec 2022 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62286

Actions (login required)

View Item View Item